Lima Puluh Kota - Kupas-news.com
Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi turun langsung melihat pembukaan jalan Madailiang Pulau Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau, baru baru ini.

"Jaga jalan baru ini dan rawat oleh masyarakat, karena yang akan menikmati dan mengunakan adalah masyarakat sendiri" 

Makin baik masyarakat dalam pemeliharaan dan perawatan jalan makin lancar masyarakat membawa hasil pertanian dan perkebunan juga usaha lainnya,kata Irfendi Arbi didampingi Camat Harau Andri Yasmen,S.Sos.

Pemerintah Nagari Lubuak Batingkok Kecamatan Harau, menggelontorkan dana APB NAGARI T.A  2020 untuk membuka jalan baru dan jalan usaha tani guna memperlancar akses transportasi serta pemasaran petani di wilayah itu.

Jalan Baru sepanjang 337 meter dengan Anggaran Rp 180.862.500 juta dikerjakan Swakelola dengan 30 hari kerja  itu menghubungkan Jorong Koto Tangah Nagari Lubuak Batingkok dengan Nagari Gurun melewati lahan tani dan kebun Masyarakat,kata WN Yon Elvi,S Ag.

mengerjakan proyek sistem swakelola, jalan yang direncanakan, dikerjakan sendiri, dan diawasi sendiri oleh masyarakat dan pemerintah nagari. Meski semuanya dilakukan sendiri, pembangunan jalan harus tetap dengan  tidak menyalahi aturan, tanpa masalah, dan tak ada kerugian negara.

"Pembangunan jalan baru dan jalan usaha tani di bangun untuk memperlancar akses menuju sentra-sentra produksi pertanian, kini para petani tidak lagi kesulitan untuk mengangkut hasil pertanian," kata Wali Nagari Yon Elvi,S.Ag.

Ia menambahkan sebelumnya para petani memikul sendiri hasil pertanianya dari kebun karena tidak ada jalan yang bisa di lalui, kini mereka sudah bisa menggunakan kendaraan roda dua bahkan mobil pick up karena jalan sudah di bangun.

Lebih lanjut Wali Nagar Yon Elvi,S Ag menjelaskan, terkait pembebasan lahan untuk pembangunan jalan baru, pemerintah Nagari Lubuak Batingkok telah berkordinasi dengan tokoh masyarakat, pemilik lahan dan juga masyarakat terkena dampak.

Wali Nagari Yon Elvi,S.Ag Lubuak Batingkok mengharapkan pembukaan jalan Mandailiang Pulau dengan Swakelola  kiranya dapat membantu masyarakat dan mendapat dukungan warga.

Salah seorang warga, Saiful menyampaikan rasa gembira atas di bangunnya jalan baru. "Dulu kami pikul sendiri hasil pertanian sekarang dengan adanya infrastruktur jalan, pengangkutan dan pemasaran hasil panen semakin lancar dengan sepeda motor ," katanya.

Saiful mengatakan, APB Nagari sangat membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. "terimakasih kepada pemerintah Bupati Irfendi Arbi yang bekerja membangun infrastruktur jalan," ucapnya.(JPP) 
 
Top