Duo Datuk Pauh IX Kuranji, Irwan Basir Datuk Rajo Alam dan M. Fikar Datuk Rajo Magek, memberikan sumbangan pembangunan Masjids, setelah pelaksanaan 17 agustusan. Sutan Malin Mudo



Padang, Kupas-news.com- Semangat kebersamaan dan kemerdekaan yang di berikan oleh Duo Datuk Kuranji, membuat suasana keakraban dan aura kemerdekaan yang luar biasa terpancarakan. Kehadiran duo orang datuk, yakni Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Dt. Rajo Alam dan Ketua BMPN Pauh IX, M. Fikar Dt. Rajo Magek pada acara perayaan HUT RI ke-75 di Komplek Bumi Minang III Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, benar-benar disambut antusias warga.

Buktinya, meski harus menunggu satu jam lamanya, namun warga mengaku puas karena kehadiran duo datuk tersebut mampu membangkitkan semangat mereka dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI.

" Sudah tidak zamannya lagi kita dikotak-kotakan dengan istilah pribumi dan pendatang. Kita adalah sama, yakni sama-sama anak bangsa Indonesia. Mari kita bersatu membangun negara tercinta   ini dengan mengerahkan segala potensi yang kita miliki, itulah arti kemerdekaan yang hakiki," ungkap Irwan Basir dalam sambutannya pada acara perayaan HUT RI ke-75 di Komplek Bumi Minang III, Minggu (16/8/2020).

Menurutnya, kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia ini tidaklah didapatkan dengan mudah. Tapi penuh perjuangan dan pengorbanan cukup panjang oleh para pahlawan bangsa yang tidak mengenal kata-kata menyerah.

Termasuk perjuangan "Harimau Kuranji" dalam melawan penjajah Belanda khususnya di Kota Padang sekitar 351 tahun silam.

" Perlu diketahui, "Harimau Kuranji" itu bukanlah orang pribumi Kuranji saja tapi bergabungnya para pejuang dari daerah lain di Sumatera Barat ini dalam satu pasukan yang bermarkas di Kuranji ini. Artinya apa, semangat kebersamaan ini sudah ada sejak zaman dulu dan sampai kini harus kita pertahankan," ujar Datul IB sembari memberikan motivasi.

Hal senada juga disampaikan Ketua BMPN Pauh IX Kecamatan Kuranji, M Fikar Dt. Rajo Magek.


Diakuinya, meski saat ini kondisi dunia sedang dilanda wabah covid-19 termasuk di Indonesia, namun tidaklah melemahkan semangat warga Komplek Perumahan Bumi Minang III dalam menyemarakkan HUT RI ke-75.

" Luar biasa! Baru kali ini saya melihat warga komplek perumahan khususnya di Kecamatan Kuranji yang kompak menyemarakkan HUT RI dengan dana swadaya masyarakat saja. Ini patut kita berikan apresiasi," puji Fikar yang disambut applus hadirin.

Sebagai Ketua BMPN Pauh IX, dirinya ikut bangga melihat kreatifitas warga Komplek Bumi Minang III dalam menjaga kekompakan dan kebersihan lingkungannya.

"Mudah-mudahan tidak saat acara HUT RI saja warga komplek ini kompak dan bersatu. Tapi di hari-hari biasa harus tetap dipertahankan hendaknya," harap Kepsek SMP Muhammadiyah 7 Padang itu.

Sementara Ketua RT 05 RW 01 Kelurahan Sungai Sapih, Yasrizal dalam sambutannya mengaku berterimakasih atas kehadiran duo datuk tersebut.

"Sungguh suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami atas kehadiran bapak Irwan Basir Dt. Rajo Alam dan bapak M Fikar Dt. Rajo Magek di tempat kami ini. Kami pun mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dalam pelayanan atau penyambutan kami," tuturnya Yasrizal merendah.

Begitu pula yang disampaikan tokoh masyarakat setempat, Syahril Bais yang juga mengaku sangat berterimakasih atas kedatangan Ketua DPD LPM Kota Padang dan Ketua BMPN Pauh IX tersebut.

"Sekali lagi, kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan sumbangan spontanitas yang diberikan kedua datuk tersebut. Semoga menjadi amal ibadah hendaknya. Aamiiin," tukasnya menambahkan.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Dt. Rajo Alam dan Ketua BMPN Pauh IX, juga diminta warga melepas bibit ikan air tawar di bandar yang ada di kawasan komplek itu. Selain itu, keduo datuk tersebut juga ikut menyumbang pembangunan Masjid Baiturrahman yang ada di Komplek Bumi Minang III tersebut. (noa/hr1)
 
Top