Indra Mairizal, Ketua Panitia Pagelaran produk ekonomi kreatif, foto bersama dari Unit Kegiatan Kesenian mahasiswa UNP sebelum penampilannya, Jum'at (18/9/2020) di Panggung Medan Nan Bapaneh FKAN Pauh IX. Sutan Malin Mudo



Padang, Kupas-news.com- Memasuki pekan dan malam ke-14 pertunjunkan Pagelaran karya produk ekonomi kreatif lestarikan nilai adat dan budaya menuju masyarakat produktif terus berlanjut. Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, namun panitia tegas-tegas memberlakukan protokol kesehatan.

Iven akbar yang diangkat melalui dana pokok pikiran Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman  yang berkolaburasi dengan Dinas Pariwisata Propinsi Sumatera Barat. 

Disampaikan oleh Ketua Panitia Indra Mairizal, program pagelaran ekraf ini juga salah satu menggairahkan sektor pariwisata Sumbar, salah satunya seni pertunjukan disamping itu juga membangkitkan ekonomi masyarakat dalam masa pandemi Covif-19. 

Pada intinya, iven pagelaran seni ini sebagai pemberi ruang seluas-luas bagi setiap sanggar dan insan seni untuk bisa tampil dalam hal menampilkan kreatifitasnya, ujar Indra Mairizal yang didampingi Erman Jamal.

Dalam masa pandemi Covid-19, kami sangat konsern menerapkan aturan prokes bahkan sebuah kewajiban agar setiap pengunjung, panitia maupun peserta supaya mematuhi aturan prokes yang telah disepkati. 

" Alhamdulillah, semua hadirin yang hadir wajib pakai masker, menjaga jarak. Bahkan, kita adakan satu pintu masuk ke arena acara sekaligus dilakukan pengecekan suhu badan," tutur Indra Mairizal.

Lanjutnya, antusiasme pengunjung akan hiburan seni cukup banyak. Sebab, selain penampilan dari Kota Padang, juga diikuti oleh Pessel, Kabupaten Solok, Pariman, Bukittinggi dan Kabupaten Agam. 

Tentunya ini sebuah hiburan edukasi budaya akhir pekan, disini disuguhkan seni tari, silat, rabab, randai, saluang, selawat dulang dan banyak kreasi seni lainnya hasil karya dari komunitas  para penggiat seni itu sendiri, cakap Indra.

" Malam ini, Jum'at (18/9/2020) merupakan pekan yang ke-14. Sementara pagelaran direncakan sampai 26 kali pertunjukan. Jadi, masih ada 12 kali lagi. Untuk itu, mari ramekan dan saksikan bersama-sama dengan tetap mematuhi prokes yang ada," ajak Indra Mairizal.

Saat penampilan adik-adik dari Unit Kegiatan Kesenian mahasiswa Universitas Negeri Padang cukup menggembirakan dan memukau penonton. Sebab, mereka memiliki talenta yang bagus-bagus dan berbakat. Disamping penampilan tari khas Minang, mereka juga memiliki suara-suara emas, terang Indra Mairizal. (hr1)
 
Top