Penampilan sanggar seni Rantau Saiyo Marapalam, Padang Pukau pengunjung di malam pekan ke-16 pagelaran Ekraf. Sutan Malin Mudo


Padang, Kupas-news.com- Dalam rangka meningkatkan ekonomi Kota Padang, salah satunya dibidang pagelaran produk ekonomi kreatif melalui seni pariwisata.

Dalam hal ini, Evi Yandri Rajo Budiman, Ketua Umum Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh- Kuranji, yang juga anggota DPRD Propinsi Sumbar melalui dana pokok pikirannya, berkolaburasi dengan Dinas Pariwisata Sumbar, berupaya menggeliatkan sanggar seni yang ada.

Dikatakan Penanggung jawab pagelaran ekra Erman Jamal yang juga Ketua Harian8 FKAN Pauh Kuranji, penampilan pekan ke-16 ini, Jum'at (25/9/2020) penampilan dari sanggar Rantau Saiya sangat memukau pengunjung dan beda dengan penampilan sanggar seni yang ada selama ini.

" Penampilan tari piring klasik dari ibu-ibu dan dari kaum bapak-bapak sungguh luar biasa, memukau, mendapatkan applaus yang luar biasa dari pengunjung," ujar Erman Jamal yang biasa En ia disapa.

Ia melanjutkan, penampilan tari piring dari sanggar Rangau Saiyo Marapalam-Padang ini beda dari tari piriang yang selama ini kita lihat. Selain penampilan klasik, dimainkan oleh kaum laki-laki.

Disamping itu, gerakannya ada menari diatas piring, diatas panggul juga diatas pundak penari lain, piringnya pun dua diatas tangannya dan menariknya kelincahan serta kecepatan gerakannya membuat bedanya dari yang lain, imbuh Erman Jamal.

Sanggar seni Rantau Saiyo menampilkan aneka ragam pertunjukannya, diantaranya,
Tari piriang ibu-ibu klasik, tari piriang laki-laki klasik, sarunai ratok Pariaman klasik, sarunai Solok klasik dan randai. (hr1)
 
Top