Padang-kupas-news.com- Libur panjang akhir pekan yang diawali cuti bersama pada hari Rabu (28/10) sampai dengan Minggu (01/11) mampu mendongkrak penumpang KA Lokal Sibinuang hingga mencapai 29% dibanding hari yang sama pada pekan sebelumnya. Demikian disampaikan Humas PT KAI Divre II, Ujang Rusen Permana.

"Pada hari pertama liburan yaitu tanggal 28 Oktober 2020, volume penumpang KA Sibinuang mencapai 1.397 penumpang. Hari-hari berikutnya terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan mulai hari Kamis hingga puncaknya pada hari Minggu mencapai 1.878 penumpang atau naik 34% dibandingkan hari pertama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Atau jika dibandingkan dengan periode yang sama pada pekan sebelumnya, jumlah penumpang selama lima hari pada masa libur long weekend mulai Rabu hingga Minggu, naik 29% yaitu dari 6.261 penumpang menjadi 8.113 penumpang, " ungkap Rusen. 

Secara kumulatif, penumpang kereta pada bulan Oktober pun mengalami peningkatan sebesar 14% yaitu 40.095 penumpang dari bulan September sebanyak 34.996 penumpang.

Untuk perjalanan bulan November, Divre II masih tetap mengoperasikan 8 perjalanan KA Sibinuang relasi Padang - Naras PP. 

"Untuk perjalanan bulan November masih tetap sama yaitu 8 perjalanan PP untuk KA Sibinuang relasi Padang - Naras. Khusus untuk keberangkatan hari Sabtu dan Minggu,  KA Sibinuang pagi keberangkatan dari Stasiun Padang pukul 05.45 tetap dibatalkan dan dijalankan KA Sibinuang pagi pukul 07.00 WIB," tambah Rusen.

Terkait dengan protokol kesehatan, PT KAI Divre II tetap menerapkannya dengan ketat. Semua penumpang wajib memakai masker dan suhu tubuhnya tidak boleh lebih dari 37.3 derajat celsius. Selain itu,  di area stasiun disediakan wastafel portabel, hand sanitizer di pintu boarding, pengaturan jarak antrian dan juga tempat duduk, serta pembatasan kapasitas angkut maksimal 70%. 

Rusen menambahkan bahwa selain pembelian langsung melalui loket di stasiun, masyarakat pun dapat dengan mudah melakukan pembelian tiket KA  Sibinuang melalui aplikasi KAI Access. 

"Masyarakat dapat mengunduh aplikasi KAI Access untuk melaksanakan pembelian tiket atau melihat secara lengkap jadwal kereta api. Pembelian tiket melalui KAI Access dapat dilakukan untuk keberangkatan H-4," tutupnya.

Humas Divre II SB

 
Top