Sumbar, Kupas-news.com- Dalam rangka menyambut lustrum atau Milad ke-65 tahun, pada tanggal 18 November 2020, berbagai macam agenda kegiatan diadakan oleh pihak Kampus.

Salah satu agenda dengan menggaet siswa/wi SLTA, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) akan menyelenggarakan Lomba Menulis Essai Tingkat SLTA/Aliyah se-Sumatera Barat.

Disampaiakan oleh Ketua Panitia  Milad Jasman Nazar,SH, MH didampingi Ketua panitia lomba essai Efri Yoni Baikoeni, kegiatan lomba bertemakan “Muhammadiyah dan Kearifan Lokal di Sumatera Barat”. Lomba Essai tersebut dengan memperebutkan total hadiah berupa tabungan dan beasiswa jutaan rupiah. 

" Tulisan yang terpilih akan diterbitkan oleh UMSB Press dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris," pungkasnya.

Tidak hanya itu, dalam rangkaian kegiatan tersebut, setiap peserta akan mendapat bimbingan teknis dari penulis terkenal seperti Ahmad Fuadi (penulis novel best seller Indonesia) dan Rilda Taneko, S.Sos., MA (Sastrawati Indonesia di Inggris), terang Jasman Nazar.

" Workshop penulisan bersama Writing Coach tersebut akan dilaksanakan secara virtual tanggal 7 Nopember 2020 sebelum hari H," ujarnya kepada media, Selasa (3/11/2020).

Melalui workshop ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat menulis di kalangan siswa/mahasiswa dan guru sekaligus memahami teknik memperkenalkan budaya dan kearifan lokal Minangkabau dalam tulisan, Harap Jasman.

Selain itu, bimbingan teknis ini dapat pula memberikan pemahaman mengenai pentingnya publikasi karya sastra dalam bahasa Inggris sekaligus memahami teknis menyusun karya sastra Indonesia ke dalam bahasa Inggris.

Sementara itu, menurut Rektor UMSB, Dr. Riki Saputra, MA bahwa kegiatan Lomba Menulis Essai Tingkat SLTA/Aliyah se-Sumatera Barat ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan ekspresi tulisan para siswa sekaligus menciptakan situasi yang memotivasi para siswa SLTA/Aliyah se-Sumatera Barat untuk gemar membaca, melatih daya pikir. 

" Tidak hanya itu, kegiatan ini diharapkan dapat memperkenalkan organisasi gerakan dakwah Muhammadiyah kepada generasi milenial dengan harapan dapat menumbuhkan kecintaan dan kepedulian terhadap organisasi yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan tersebut," terang Rektor Muda ini lagi.

Hal senada juga disampaiakan oleh Koordinator Lomba Menulis Essai Tingkat SLTA/Aliyah se-Sumatera Barat, Efri Yoni Baikoeni, SS, MA bahwa proses pengiriman tulisan berlangsung dari tanggal 1-13 Nopember 2020. 

" Penilaian oleh dewan juri akan dilaksanakan tanggal 15 Nopember 2020. Sedangkan pengumuman nama-nama pemenang pada tanggal 16 Nopember 2020," pungkas Efri

Hadiah akan diserahkan tanggal 18 Nopember 2020 bersamaan dengan puncak perayaan Milad ke-65 UMSB yang dipusatkan di Kampus III Bukittinggi. Oleh karena itu, untuk Informasi lebih lengkap dapat mengunjungi website: www.umsb.ac.id atau menghubungi panitia pada nomor WA: 0821- 7441-4411. (hr1/rel)

 
Top