Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji yang juga Dewan Kehormatan IKW RI Sumbar, memberikan ucapan terakhir saat pelepasan jenazah Alm. Taf Chaniago. Sutan Malin Mudo


Padang, Kupas-news.com- Pelepasan jenazah ke peristirahatan terakhir di rumah duka Alm. Tafrizal atau lebih akrabnya Taf Chaniago (56tahun) posisinya sebagai Kasubag Dokumentasi Bagian Prokopim Setda Kota Padang, yang juga Dewan Pembina IKW RI Sumbar, Jum'at sore berpulang menghadap keharibaan ilahi.

Pada Sabtu (14/11/2020) siang, Bertempat di Jalan Apel XII, RT.033/RW.15, No.385, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, kepergian yang terakhirnya ini di lepas oleh Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX Kuranji Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM yang juga selaku Dewan Kehormatan IKW RI.

Pelepasan dihadiri oleh segenap masyarakat, Richard Akbar dari Pemko Padang dan wartawan dari berbagai media yang ada di Kota Padang dan Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Datuk Irwan Basir mengatakan, Pak Tafrizal Chaniago adalah sosok yang mudah bergaul dan memahami pentingnya kearifan lokal. Almarhum dikenal dekat dengan semua kalangan, terutama di kalangan wartawan yang ada di daerah ini.

" Tafrizal Chaniago, kesehariannya menjabat sebagai Kasubag Dokumentasi dan Publikasi Pimpinan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Padang ini dikenal luas di kalangan jurnalis. Bahkan, baru-baru ini kami sempat minum bareng dengan alm. Tapi, semua kehendak tuhan," ujar Datuk IB dengan wajah sedihnya.

Datuk IB menambahkan, kedekatannya dengan kalangan jurnalis ini mampu mengayomi para rekan-rekan media di ibukota provinsi ini. Bahkan, beliau telah memahami benar lika-liku dunia kewartawanan.

Tak banyak sosok Humas seperti Tafrizal Chaniago, meski "berdarah jurnalis" namun hal itu tak menjadikannya menjadi sosok yang kaku. Namun, sebaliknya ia lebih mengutamakan pendekatan persaudaraan, selalu menerima berbagai keluh kesah, dan selalu berbagi suka duka, saya tau itu, imbuh Dewan Kehormatan ini dalam sambutannya.

Setiap yang bernyawa pasti akan menghadap Allah SWT. Tentu kita yang tinggal menyelenggarakan jenazah almarhum, itu tanggungjawab kita sebagai sesama muslim. Apalagi, sosok Taf Chaniago orang baik dan selalu peduli dengan sesama, imbuh Datuk IB lagi.

Datuk Irwan Basir berpesan, bagi keluarga yang ditinggalkan, jangan diratapi kepergian almarhum. Ambillah hikmah dibalik semua ini dan contohlah sikap maupun prilaku baik alm sewaktu hidup. Kita do'a semoga Husnul Khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan dalam musibah ini.

" Khusus bagi anak-anak adalah mendoakan almarhum, karena doa anak yang saleh tak akan putus-putusnya dan diijabah oleh Allah SWT," pinta Datuk IB.

Sementara itu, Ketua IKW RI Hendrizon Jack, SH mengatakan, kami merasa sangat kehilangan sosok seperti beliau. Entah kapan lagi kita akan bertemu dengan sosok Humas yang bersahaja seperti beliau. Ia merupakan kakak, abang sekaligus mitra bagi kami.

" Sebagai pembina IKW-RI, almarhum dan seluruh anggota telah bertekad untuk bersama-sama membesarkan organisasi sosial para jurnalis pasca terpilihnya Ketua IKW-RI periode 2020-2022," ujar Hendrizon dengan mata berkaca.

Kita berencana, tuhan yang menentukan. Rencana Allah adalah yang terbaik. Semoga almarhum kakanda Tafrizal Chaniago Husnul Khotimah, Aamiin dan Selamat jalan Bang Taf, do'a kami IKW RI mengiringi mu,” ucap Hendrison yang masih tidak dapat menyembunyikan rasa dukanya. (hr1)

 
Top