Dr. Riki Saputra, MA Rektor UMSB, memberikan motifasi dan arahan saat lomba Tahsin juga praktek ibadah Dosen dan Karyawan dilingkungan Civitas Akademika UMSB. Sutan Malin Mudo


Sumbar, Kupas-news.com- Universitas Muhammmadiyah Sumatera Barat (UMSB) mengadakan Lomba Tahsin dan Praktek Ibadah Dosen, Karyawan dan Mahasiswa dalam rangka peningkatan dan pemahaman nilai-nilai ibadah dilingkungan civitas akademika, Senin (23/11/2020) di Convention Hall Kampus I, Padang-Sumbar.

Dalam sambutannya rektor UMSB Dr. Riki Saputra, M.A mengapresiasi kegiatan lomba tahsin dan praktek ibadah yang dilakukan oleh LPIM UMSB, dan berharap kegiatan ini membawa dampak positif bagi UMSB bagi kemajuan dan peningkatan nilai agama, khusus bagi jebolan Baitul Arqam.

Riki Saputra melanjutkan, dengan diadakannya lomba ini kita berharap adanya pemahaman terhadap kitab suci Al-qur’an sebagai petunjuk bagi manusia yang mau bertaqwa dan saling memahami arti dan hakikat sebagai makhluk tuhan.

" Mudah-mudahan kegiatan ini bukan merupakan kegiatan yang pertama dan terakhir tetapi merupakan pertama dan seterusnya” ujar Rektor termuda se Indonesia ini dihadapan para peserta dan undangan yang hadir.

Doktor Filsafat ini menambahkan, lomlmba ini diadakan sebagai rencana tindak lanjut dari dosen dan karyawan yang telah melakukan Baitul Arqam pada tanggal 09-12 November 2020 yang lalu.

Lomba ini dibagi menjadi 3 gelombang, yakni gelombang pertama pada tanggal 23 november yang diadakan di convention hall kampus I UMSB di Padang.

Sementara gelombang ke 2 didakan pada tanggal 26 November 2020 di Convention Hall kampus III UMSB.

Sedangkan gelombang ke 3 pada tanggal 16 Desember nanti ini khusus antara mahasiswa UMSB.

Selain sebagai rencana tindak lanjut (RTL) peserta Baitul Arqam kemaren, lomba ini juga bertujuan sosialisasi bacaan shalat sesuai Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah kepada dosen dan karyawan UMSB, guna peningkatan nilai rohaniah yang ada pada diri setiap dosen dan karyawan, tegas Dr. Riki Saputra, MA.

Pada gelombang pertama ini, lomba diikuti oleh seluruh prodi, fakultas, dan unit kerja yang berada di kampus I padang. Sedangkan,  untuk gelombang ke dua nanti lomba ini akan diadakan di kampus III UMSB yang di ikuti Prodi, fakultas dan unit kerja pada kampus II di Padang Panjang, kampus III di Bukittingi, dan kampus IV di Payakumbuh, Imbuh Dr. Riki

" Masing-masing prodi, fakultas dan unit kerja mengutus 2 orang perwakilan yang akan mengikuti lomba tersebut. Satu orang mengikuti lomba tahsin dan satu orang lagi mengikuti lomba praktik ibadah," jelasnya.

Pembukaan acara Lomba ini dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr. Riki Saputra, MA, Badan Pembina Harian UMSB, dan Lembaga Pengkajian Al-Islam Kemuhammadiyahan UMSB.

Sedangkan, acara lomba tahsin dan praktek ibadah ini dibuka oleh Bapak Marhadi Efendi, M.Si selaku Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) UMSB. (hr1/rel)

 
Top