Tampil dengan sederhana dan bersahaja, ditularkan kepada ketiga putranya H. Jap. Sehingga, ia mampu hantarkan putranya jadi orang sukses. (Irwan-Anggota DPRD Pessel, Toni-CEO SR12, H. Jap dan Rudi Cawabup Pessel). Sutan Malin Mudo


Pessel, Kupas-news.com- Emang betul kata pepatah, kerja keraslah membuat kita sukses, "Bukan dimana ladangnya, tapi siapa petaninya". Kemudian, Jodoh, maut dan rezki siapa yang tahu, semuanya itu rahasia ilahi.

Ya, sebut saja Haji Jap, hanya seorang pedagang atau toke Jengkol dari daerah selatan Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan berhasil mendidik dan menjadikan ketiga putranya menjadi orang-orang besar.

Rudi Hariyansyah, putra sulung Haji Jap, Rudi adalah yang sudah berjalan jauh untuk mengabdi untuk negara (BUMN). Ia menjadi Kepala Cabang perusahaan obat terbesar (PT. Kimia Farma) di Wilayah Sumatera Barat.

Ketika kariernya sedang menanjak naik, di usia 35 tahun sudah menjadi pimpinan wilayah di sebuah BUMN. Posisi bergengsi di sebuah BUMN bukanlah mudah ia raih dan mungkin incaran bagi semua orang. Namun, karna panggilan dari kampung halaman, juga panggilan jiwanya untuk membangun serta mengabdi di daerah kelahirannya semua pencapaiannya di BUMN diakhiri dan ikut di pertarungan Pilkada serentak Pessel 2020 sebagai calon Wakil Bupati dari pasangan Rusma Yul Anwar - Rudi Hariyansyah (RA-RUDI) Nomor urut 02. 

Jika ditelisik, gajinya sebagai Kepala Cabang tersebut sudah 10 kali lipat dari gaji  sebagai wakil Bupati atau sangat fantastis. Dia (Rufi-red) tidak lagi memikirkan gaji, tapi niatnya murni ingin mengabdi lebih optimal untuk kampung halaman tercinta.

Beda halnnya dengan sosok, Irwan. Sianak kampung nan cinta dengan keluarga dan kampung halaman juga ia sebagai palindung keluarga dirumahnya. Dikarenakan, dua orang saudara laki-lakinya berjuang di rantau. Maka, tak ada pilihan lain dan sudah amanah dari keluarga agar menetap di kampung dan meneruskan usaha orang tuanya di kampung.

Selain bisa membantu orang tuanya, sekalian sebagai lelaki "Pamaga/pelindung keluarga". Karena tak cukup berbuat untuk keluarga saja, maka tahun 2019 Irwan mencoba peruntungan bertarung ikut pileg Kabupaten Pesisir Selatan dari Partai Perindo. Ternyata, niat Irwan pun diijabah sang khalik, akhirnya dialah satu-satunya caleg dari Partai Parindo yang lolos ke DPRD Pessel. 

Kesuksesan Haji Jap, tidak hanya mengantarkan dua putranya itu. Masih ada seorang putranya lagi, Toni Firmansyah diusianya yang masih muda sudah memiliki sebuah usaha dan Brand yang memiliki jaringan pemasaran yang luas. Bahkan, hampir seluruh wilayah di Indonesia juga Go Internasional Toni memiliki jaringan bisnisnya.

Semua kita pasti tau, bahwa produk Herbal, kosmetik dan kecantikan yang bernama SR12. Ini produk sudah go Internasional, ownernya adalah anak muda dari TAPAN yaitu Toni Firmansyah. 

Tidak banyak orang yang tau, meskipun sudah sukses besar, tidak membuat Toni sombong, sangat low profile, bersahaja dan style nya pun biasa-biasa saja. Berkat penampilannya yang sangat sederhana, bahkan karyawannya pun pernah terkecoh ketika mau masuk ke kantornya. 

Pernah suatu ketika karyawannya menganggap bahwa Toni Firmansyah sang Owner SR12 ini adalah petugas Cleanning Service dikantornya sangking santainya ia berpakaian. Dengan kesederhanaan tersebut, tidak membuat ia hina, bahkan dengan kesederhanaanlah ia bisa sukses. 

Ketiga putra Haji JAP adalah hidup dengan kesederhanaan, sangat bersahaja dan tidak sombong sama halnya dengan sang Ayah HAJI JAP sendiri. Sifat sederhana dan sudah berhasil namun tidak kelihatan seperti Saudagar di kampung halamannya. Padahal dia (Haji Jap) sudah pantas dipanggil Juragan.

Karena sangat baiknya Pendidikan Keluarga (Informal) dari HAJI JAP, sehingga semua anaknya bisa meraih sukses. Buah itu jatuh memang tak jauh dari batangnya, sosok H. Jap patut jadi contoh dan dicontoh bagi kita semua.(**)

#rewritte by: Sutan Malin Mudo

 
Top