9 Orang mahasiswa teknik elektro UMSB, lulus uji kompetensi dari lembaga sertifikasi profesi yang kompeten berbasis PLC. Sutan Malin Mudo



Padang Panjang, Kupas-news.com- Sebanyak 9 Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Kembali ukir prestasi yang dahsyat. 


Kali ini mereka berhasil dan mengharumkan nama besar perguruan tinggi atas lulus dan dinyatakan Kompeten melalui Uji Kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Kedua (LSP-P2) Padang ,Sumatera Barat.


Maka, kepada mereka diberikan dan menerima sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Skema Pengoperasian Instalasi Kontrol Industri Berbasis (Programmable Logic Controller) PLC.


Diantara kesembilan (9) orang mahasiswa tersebut ialah dari Angkatan 2018 Muhammad Fauzi, Dovan Harditia, Muhammad Basyir, Albeni Fakhri, Rio Wahyudi dan Waradzi Mustakim. Selanjutnya, dari Angkatan 2020 Zaitul Ikhlas, Muhammad Ilham Rizki dan Riko M. Adha 


Adapun sertifikasi ini dilaksanakan pada Senin-Selasa, 14-15 Desember 2020. Dimana sebelumnya para mahasiswa ini telah mengikuti program pelatihan selama kurang lebih 43 hari atau setara 340 Jam Pelajaran, mulai dari 19 Oktober hingga 8 Desember 2020 di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Padang Panjang.


Para mahasiswa ini dibekali dan diuji dengan materi prlatihan dengan instruktur Dini Khairati, S.T.  Selanjutnya, beberapa materi pelatihan yang dipelajari dan diujikan untuk sertifikasi antara lain, menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja, pengukuran listrik dan elektronik.


Kemudian, memasang sistem pengawatan, memasang catu daya arus searah, memasang PHB utama dan cabang, memasang instalasi Otomasi Listrik Industri, memasang dan mengoperasikan PLC (Programmable Logic Controller).


Kepala UPTD BLK Padang Panjang, Drs. Suryadi Boy menuturkan bahwa para mahasiswa pelatihan sangat antusias mengikutinya mulai dari seleksi berkas dan ujian tulis, pungkasnya.


Selanjutnya, terpilih 16 orang mahasiswa yang akan mengikuti pelatihan di masing-masing paket pelatihan, di BLK Padang Panjang menyelenggarakan 4 paket keahlian pada tahun 2020 ini, yakni Otomasi Industri berbasis PLC (1 Paket), Teknik Sepeda Motor (2 Paket) dan Menjahit (1 Paket), Imbuh Suryadi Boy


" Diharapkan peserta setelah selesai pelatihan dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan untuk diterapkan dalam dunia kerja dan dapat meningkatkan skill lain untuk meng-upgrade dan meng-update nya secara berkala," harap Suryadi.


Salah seorang mahasiswa Fauzi, selaku siswa  menyebutkan bahwa "Pelatihan Berbasis Kompetensi Bidang Otomasi Industri PLC ini memberikan banyak manfaat bagi dirinya dan rekan-rekan mahasiswa.


" Kompetisi dan pelatihan ini menambah pengetahuan industri Otomasi berbasis PLC juga banyak peluang untuk dapat berkarir di Industri sebagai teknisi bidang ketenagalistrikan bidang Otomasi PLC," terangnya.


Sementara itu, Rektor UMSB Dr. Riki Sapitra, MA yang di wakili oleh Humas Hendri Novigator, S. Psi mengatakan, kami atas nama mengapresiasi atas prestasi yang di raih oleh anak-anak mahasiswa. Meskipun dalam masa pandemi mereka terus aktif, berkarya dan mengasah skill sesuai dengan bidang ke ilmuan yang mereka miliki.


" Semoga banyak lagi Fakultas lain menunjukkan dan mengharumkan nama besar Kampus UMSB, baik di tingkat lokal maupun nasional kapan perlu kekancah internasional. Kita yakin itu, karena mereka  generasi islami yang hebat-hebat," pinta Hendri yang akrap disapa Enji ini.  (hr1/Mus)

 
Top