Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA mengapresiasi ide briliant dan kreatifitas mahasiswa Fak. Teknik menciptakan kursi sofa dari bahan botol bekas.



Sumbar, Kupaspost.com- Sebuah terobosan terbaru dari Mahasiswa Fakultas Teknik UMSB yang tergabung dalam UKM Penelitian, Penalaran dan Pengabdian Masyarakat membuat kursi sofa yang bahan utamanya berasal dari botol minum bekas.


Mulya Firdaus mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2020 yang berhasil membuat kursi dari botol bekas tersebut. Ide membuat sofa dari bahan botol bekas ini karena keadaan disekitar rumah mahasiswa tersebut yang banyak terdapat botol bekas dan dibuang begitu saja, sehingga muncul pemikiran untuk memanfaatkan botol bekas tersebut menjadi barang layak pakai dan juga bernilai ekonomis.


Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA yang ditemui diruangannya mengatakan, ide ini sudah bagus bahkan cukup kreatif. Namun kedepan sebelum kursi ini nantinya di produksi masal harus diuji dulu ketahanan bahannya, Rabu (27/1/2021) di Bukittinggi.


Lanjut Rektor termuda ini lagi, ketahanan yang dimaksud menyangkut berapa beban maksimal yang dapat ditampung kursi ini dan jangka waktu yang dinilai aman dalam penggunaan kursi tersebut. 


“ Tentu harus diuji kelayakan dulu ketahanan kursi ini, sehingga nanti kalau dibuat secara masal kursi ini tidak mengecewakan konsumennya," pintanya.


Dr. Riki Saputra menambahkan, kita dari pihak rektorat sangat mendukung dan mengapresiasi kreatifitas, ide-ide cemerlang dan inovatif para mahasiswa. Sehingga, apa yang mereka kerjakan selain bernilai ekonomis juga mengurangi penyebaran sampah, ulasnya.


Sementara itu, Ketua UKM Penelitian, Penalaran, dan Pengabdian Masyarakat Waradzi Mustakim juga menambahkan bahwa beberapa mahasiswa dari UKM ini telah mulai menyalurkan ide kreatif nya, diantaranya ada mahasiswi yang membuat keripik dari kulit singkong yang biasanya terbuang. 


" Hal ini juga disambut baik oleh Rektor kemudian meminta sampel dari keripik kulit singkong ini dan akan diperiksa di Labor Fakultas Farmasi guna uji kelayakan untuk dikonsumsi manusia," ujar Mustakim.


Ia melanjutkan, Rektor juga berkomitmen untuk mensupport kegiatan-kegiatan positif dari mahasiswa, dan melihat geliat dari UKM yang kepengurusannya baru dilantik ini, Rektor berkeinginan agar UKM ini juga ada di tingkat Universitas, imbuhnya. (Hr1/rel)

 
Top