Rezka Oktoberia saat lakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kabupaten Agam Sumatera Barat

Rezka Oktoberia : 4 Pilar Kebangsaan Acuan kita dalam hidup berbangsa dan bernegara

Agam  - Kupaspost.com  - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Rezka Oktoberia hadir sebagai narasumber utama Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang digelar di Rumah Gadang Jorong Talao, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sabtu (20/3).


Dalam acara itu turut dihadiri oleh Wali Nagari Padang Laweh Henri, Ketua Bamus Angku Dt. Sinaro, Ketua KAN Angku Dt. Indomo, angku-angku niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, dan bundo kanduang kepala jorong se Nagari Padang Laweh, anggota dan pengurus PDRI Kabupaten Agam, serta anggota majelis taklim se Nagari Padang Laweh.


Rezka Oktoberia menyampaikan bahwa mengamalkan Pancasila dan berpegang teguh terhadap 4 Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika adalah bagian dari cara masyarakat Indonesia dalam hidup berbangsa dan bernegara. 


Menurut Rezka yang juga anggota MPR RI itu, pentingnya 4 pilar kebangsaan ini disosialisasikan agar kehidupan berbangsa dan bernegara lebih kokoh dan tetap menjadi prinsip-prinsip dalam hidup bermasyarakat.


“Konsepsi 4 Pilar Kebangsaan sudah sangat melengkapi sebagai bahan dan acuan kita dalam hidup berbangsa dan bernegara. Tidak pernah ada pertentangan antara Pancasila dengan Budaya Lokal, apalagi budaya Minang,” ujar Rezka.


Selain itu, Rezka menuturkan sebagai pengawal ideologi Pancasila, MPR merupakan lembaga yang akan selalu menjaga kelestarian Pancasila. Dan MPR juga mengemban tugas memasyarakatkan nilai-nilai Pancasila sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.


“Tak henti-hentinya saya mengajak kepada seluruh masyarakat Sumbar, khususnya masyarakat di dapil saya untuk terus menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan negara kita dengan berpegang teguh terhadap nilai-nilai Pancasila," kata Rezka.


Sementara itu, Wali Nagari Padang Laweh Henri menyampaikan apresiasi kepada Rezka yang telah memberikan kesempatan kepada masyarakatnya untuk dapat ikut diberi sosialisasi 4 pilar kebangsaan.


"Mudah-mudahan dengan acara ini dan adanya pencerahan dari Uni Rezka, kesadaran berbangsa dan bernegara kita semakin kuat," harapnya.


Senada, dari sisi Ketua KAN Angku Dt. Indomo dirinya turut menyampaikan rasa bangga anak kemenakannya dapat bersilaturahmi dengan Anggota DPR RI Rezka Oktoberia.


"Kami sangat berbangga hati Uni Rezka bisa datang bersilaturahmi dengan anak kamanakan kami dan memberikan sosialisasi 4 pilar ini, mudah-mudahan ini menjadi manfaat bagi anak mudo di Minangkabau dan dapat mempererat persatuan dalam bernagari," ungkapnya. (JPP)


 
Top