Rezka Oktoberia saat berikan sambutan

Limapuluh KotaKupaspost.com - Anggota DPR-RI Rezka Oktoberia menghadiri Musrenbang RPJMD 2021-2026 yang dibuka Bupati kabupaten Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, di aula kantor Bupati, Sarilamak, Senin (31/5).


Dijelaskan Rezka Oktoberia, RPJMD merupakan dokumen perencanaan daerah 1 periode kepemimpinan daerah. Meskipun RPJMD lahir dari visi misi Kepala daerah terpilih, sebagai dokumen perencanaan pembangunan daerah tentu harus membuka ruang partisipasi masyarakat baik yang di ranah maupun di rantau sehingga berbagai potensi daerah dapat terhimpun. Semakin banyak dan luas partisipasi publik terlibat dalam perencanaan, insyaAllah memberikan masukan positif untuk pembangunan daerah.


“Ekonomi nyaris lumpuh, sektor Ekonomi harus menjadi prioritas utama yang menjadi titik balik Pemulihan. Karena itu RPJMD harus mampu merumuskan langkah Strategis pembangunan yang inovatif, produktif, tidak business, mengingat kita saat ini mengalami pandemi covid 19 yang membuat situasi tidak lagi normal,” ujar Rezka.


Kabupaten Limapuluh Kota memiliki banyak potensi diantaranya peternakan, perkebunan, pertanian, Pariwisata, perikanan, kuliner, UMKM dan perdagangan. Perlu terobosan jitu dengan memberdayakan segala potensi Ekonomi daerah sebagai penopang Pemulihan Ekonomi.


Rumusan sektor prioritas dan unggulan yang dicerminkan oleh RPJMD diharapkan dapat sebagai pemandu bangkitnya Ekonomi Limapuluh Kota pasca pandemi. Mengingat singkatnya masa jabatan kepemimpinan daerah periode ini, serta adanya keterbatasan pembiayaan. Strategis pembangunan berbasis potensi unggulan yang prioritas hendaknya menjadi hal yang harus difokuskan.


Supaya perencanaan yang disusun bisa diwujudkan, tambah Rezka, digitalisasi yang berkembang pada saat ini harus bisa dimanfaatkan maksimal untuk pelayanan Publik, penyederhanaan birokrasi, pengembangan UMKM dan sektor ekonomi lainnya.


“Sampai saat ini kondisi pandemi belum berakhir, kabupaten Limapuluh Kota masih di zona orange. Kita berdoa semoga ini semua segera berakhir. 

Saya meminta kepada Bapak Bupati, Satgas Covid, Forkompinda dan jajaran untuk lebih dan makin serius lagi menangani pemutusan rantai penyebaran Covid-19 ini, termasuk vaksinasi,” tegas Rezka Oktoberia.


Mudah-mudahan, harap Rezka Oktoberia, apa yang menjadi cita-cita kita bersama untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten 50 Kota ini bisa di perjuangkan dan realisasikan bersama. Sebagai wakil rakyat dari Kabupaten Limapuluh Kota, Saya siap bersinergi bersama memperjuangkan aspirasi, program daerah yang berskala nasional dan mendorong program nasional ke daerah kita, khususnya Kabupaten Limapuluh Kota.


Musrenbang kali ini dengan visi, mewujudkan Limapuluh Kota yang madani, beradat dan berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Yang bertujuan untuk penajaman, penyelarasan klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.


Sebelumnya, dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengatakan RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang dalam penyusunannya, berpedoman pada RPJPD dan RPJM Nasional, untuk memuat arah kebijakan keuangan Daerah.

 

"RPJMD ini telah melalui beberapa tahapan, saat ini kita sudah dalam tahap dokumen Rancangan, yang sebelumnya juga sudah menyusun Rancangan Awal RPJMD setelah dibahas dalam acara Forum Konsultasi Publik untuk mendapatkan masukan. Rancangan Awal tersebut juga sudah kita bahas bersama DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota dan dikonsultasikan dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk mendapatkan saran penyempurnaan menjadi Rancangan RPJMD," ucapnya.

 

Untuk itu, dalam mencapai visi misi serta prioritas pembangunan dan arah kebijakan Kabupaten Lima Puluh Kota, musti harus dikritisi bersama agar tepat sasaran

 

"Kita harus kritis. Untuk itu, kita perlu bekerja sama dengan semua pihak termasuk OPD untuk mewujudkan Lima Puluh Kota yang lebih baik. Kita Bupati Lima Puluh Kota tidak memikirkan jabatan yang ke dua, yang penting bagi kami dapat membawa kemajuan di daerah ini,” pungkas Safaruddin. 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPR-RI Rezka Oktoberia, Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Syafar, para Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota, Tim ahli penyusun RPJMD, Rektor UNP, Sekda, Ketua PKK Limapuluh Kota, Kepala OPD, Camat, Stakeholder terkait dan tokoh masyarakat juga LSM, Ormas dan Wartawan Luak Limopuluah dari berbagai media cetak, online dan elektronik. (JPP) 

 
Top