Sumbar-KN-
Saya jadi tertawa ketika para pemuda kampung dari Sungai Pinang yang tergabung dalam Cenari Foundation menemui saya dan mengatakan gagasan mereka ingin " Ngamen Film di Paris !"


Mereka sedang memproduksi film pendek karya mereka sendiri " Rantak Tanah Pusako " yang bercerita tentang pengangkatan seorang Wali Nagari dikampungnya yang sangat indah tersebut.


Dan film mereka akan mereka ikutkan dalam Festival Film Independent di Perancis.


Ricky Putra Sinaro sang pemuda pelopor pariwisata diSungai Pinang akan membawa karya mereka sendiri ke Paris tanggal 15 Juli.


Setelah itu dia akan " Ngamen Film " keliling Eropah di cafe - cafe dan club kenalan mereka yang pernah berkunjung ke Sungai Pinang dan merasa senang dan menganggap Sungai Pinang sebagai " Second Home " mereka.


Dan beliau nanti setelah memutarkan filmnya dikafe tersebut dia akan menawarkan promosi khusus yang mana dengan membayar 10 Franch bagi yang tertarik akan mendapatkan 3 malam menginap gratis di Ricky Beach House kepunyaannya. Duh..suatu pemikiran yang luar biasa buat seorang Ricky pemuda kampung apalagi disaat pandemik ini.


Memang dengan kondisi kekenian yang karena pandemik yang membuat industri pariwisata luluh lantak diperlukan suatu strategi promosi pariwisata yang extra ordinary, out of the box bahkan gila !


Saya jadi ingat ketika peristiwa Bom Bali yang mengakibatkan pariwisata Indonesia tenggelam saya melakukan suatu promosi pariwisata di Jepang dengan gagasan yang sedikit nyeleneh. Pada tahun 2002 saya melakukan promosi pariwisata di Negeri Sakura tersebut dengan berjalan kaki. Dibantu oleh teman - teman saya Japan Walking Assosiation (JWA) saya berjalan kaki Mengelilingi Pulau Kyusu sekitar 400 KM. Dengan membawa bendera Merah Putih saya berjalan kami sekitar 40 KM sehari bersama JWA. Akhirnya disetiap kota kami disambut walikotanya dan turut berjalan bersama kami. Bahkan artis top Jepang Ayumi Hamasaki berjalan bersama kami.


Aksi tersebut akhirnya menjadi pembicaraan dan menjadi berita di media - media disana. Bahkan Soga Shigeaki menerbitkannnya dalam sebuah buku " Kyusu Romance Walking "

Tidak sampai disitu saja bahkan JWA memberi penghormatan khusus buat saya untuk membuka event jalan kaki terbesar didunia " the 26th Japan Three Day March ". Ondeh suatu penghormatan yang luar biasa !


Ayo Ricky, Ayo Cenari..Ayo Sungai Pinang insyaallah saya yakin kamu BISA !


Ayo Sandiaga Salahuddin Uno mentri pariwisata kita yang energik, para dinas pariwisata, para stakeholder pariwisata dan kepada orang - orang yang ingin berjuang untuk Indonesia, mari kita dukung usaha mereka. Dan saya yakin mereka BISA !


Thanks for being a Green Friend of Indonesia !


www.sumatraandbeyond.co International Green Tour Operator

Support for greentourisminstitute.org

 
Top