Wako Padang Hendri Septa didampingi Ketua DPD LPM Padang Irwan Basir beserta Anizar Pandeka selaku penanggung jawab kegiatan meninjau lokasi jalan baru, Pasa Lalang, Kuranji. @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Kupaspost.com- Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir, SH, MM Dt. Rajo Alam mendampingi Walikota Padang Hendri Septa saat meresmikan jalan Kampung Jambang, Pasa Lalang, Belimbing-Kota Padang, sekaligus penutupan padat karya infrastruktur tahun 2021, Kamis (17/6/2021).

Disampaikan Tokoh Kuranji Irwan Basir yang juga ninik mamak Suku Jambak Nan Batujuh ini, pembukaan jalan baru dan pengerasan sepanjang 325 Meter dengan lebar 3 Meter di Pasa Lalang, RT.01/RW.07  ini sebagai bentuk perhatian penuh pemerintah untuk memajukan ekonomi dalam hal peningkatan kesejahteraan.

" Padat Karya ini, sebagai bentuk sinergisitas pemko dengan masyarakat. Selain peningkatan kesejahteraan juga bisa memperdayakan anak nagari sebagai pelaksana kerja," pungkas Kabid Linjamsos Sumbar ini.

Datuk IB begitu ia disapa meneruskan, disini kita bisa melihat kerja nyata pemerintah dengan masyarakat, ketika ada suatu aktifitas yang positif membuka peluang tenaga kerja dan juga azaz manfaat atau simbiosis mutualisme kedua belah pihak.

" Inilah suatu bentuk kerjasama antara kita semua dan termasuk juga warga, tokoh masyarakat, pemerintah tingkat Kelurahan, Kecamatan serta Kota," imbuh Dtuk IB.

Nah, dengan peresmian dan penutupan padat karya infrastruktur tahun 2021 oleh Pak Walikota Padang, ini menandakan suatu saat kita harus ada peningkatan, ujarnya Irwan Basir.

Maka oleh sebab itu, masyarakat jangan berpikir sesuatu yang dibuka untuk dijadikan alat komonitas ekonomi untuk dijadikan perumahan. Ini harus di wanti-wanti dengan jangkauan yang cukup bagus agro bisnis pertanian di daerah pasar lalang ini, tegas Datuk IB lagi.

Sehingga Pemerintah Kota Padang bisa membuat program pertanian, ketahanan pangan. Jadi kita nonsense bicara ketahanan pangan, kalau tidak diisi dengan Intensifikasi peningkatan hasil produksi dari lahan yang sangat indah dan bagus ini.

Selain itu, Irwan Basir menyampaikan ini adalah suatu bentuk jalan lingkar. Bisa juga partisipasi pokok pikiran rakyat (Pokir) anggota DPRD dan juga anggaran pemerintah tetapi melalui anggota dewan yang ada sisana. 

" Kerja sama yang kita galakan dalam bentuk pembangunan di daerah kita terutama Kota Padang yang kita cintai ini," tuturnya Irwan Basir yang akrab disapa Datuk IB.

Sementara itu, Wako Padang meresmikan dan menamai jalan tersebut dengan Jl. Kaum Suku Jambak, karena dibangun diatas tanah wakaf kaum Suku Jambak sepanjang 325m X 4m. Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Dikatakan Wako Hendri Septa, dalam rangka mengurangi angka pengangguran terbuka dibutuhkan upaya-upaya untuk meningkatkan perluasan kesempatan kerja, diantaranya adalah meningkatkan penempatan tenaga kerja musiman yang terserap dengan kegiatan pelayanan antarkerja di daerah kabupaten/kota dalam bentuk subkegiatan padat karya infrastruktur.

Wako Hendri berharap hasil dari kegiatan tersebut bermanfaat bagi masyarakat mengingat daerah tersebut merupakan kawasan pertanian, semoga keberadaan jalan ini dapat mempermudah dan memperlancar masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian, pupuk dan lain sebagainya.

Tidak lupa Wako Hendri mengucapkan terima kasih kepada Ahli Waris Suku Jambak yang telah bersedia mewakafkan tanahnya untuk kepentingan masyarakat sekitar.

Sementara itu, Anizar Pandeka selaku penanggung jawab lapangan mengatakan, kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan jalan yang diharapkan dapat menjadi upaya peningkatan perekonomian masyarakat. Sebab itu pula, harapan untuk menjaga kekompakan dan menjaga apa yang telah dibangun tersebut tidak lupa disampaikan Hendri Septa.

" Dengan dibukanya akses jalan ini, tentu bisa sebagai penghubung dan memperlancar transportasi, juga mempermudah masyarakat sekitar membawa hasil panennya dari kebun (sawah) ke pasar," Ujar Pandeka begitu ngetren ia disapa. (Hr1/dp)


 
Top