Payakumbuh, Kupaspost.com - Pemerintah Kota Payakumbuh meraih Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Awards 2021. Penghargaan ini diraih setelah BKN Pusat menilai kinerja aparatur sipil negara (ASN) di kota ini terbaik. Diumumkan dalam acara Rakornas kepegawaian yang dilaksanakan BKN di Denpasar Bali, 1 Juli 2021.


Bahkan Kota Payakumbuh keluar sebagai ranking pertama penilaian kinerja ASN untuk Kota Kategori C, setelah itu di posisi dua ada Kota Gunungsitoli dan di posisi tiga ada Kota Padang Panjang.


Sebelumnya, setelah dinilai oleh Kantor Regional BKN XII Pekanbaru pada 2020 lalu, Payakumbuh keluar sebagai nominasi untuk Komitmen Pengawasan ASN Terbaik dan Implementasi Penilaian Kinerja Terbaik.


Wali Kota Riza Falepi kepada media, Kamis (1/7) menyampaikan penghargaan ini menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan Pemko Payakumbuh dalam upayanya mewujudkan visi misi Payakumbuh Maju melalui peningkatan kapasitas dan kualitas SDM di lingkungan kerja Pemko Payakumbuh.


"Saya pikir ini sebuah anugerah yang sangat bermakna bagi kami karena selama ini memang salah satu cita-cita atau visi misi kita, kotanya maju, maka SDM harus juara juga. Dan kami tidak sia-sia yang telah bekerja untuk terus bergiat terkait dengan peningkatan kapasitas SDM dan dianugerahi oleh BKN," kata Riza didampingi Kepala BKPSDM Yasrizal.


Riza mengatakan, Pemko Payakumbuh akan terus meningkatkan implementasi sistem merit yang menjadi catatan dari BKN. Meski demikian, menurutnya, penerapan sistem merit Pemko sudah menjadi yang terbaik. Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh meraih penghargaan Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia Kategori Baik di awal tahun 2021.


Riza Falepi yang cukup memperhatikan kesejahteraan pegawai dengan memberikan tunjangan bagi ASN di atas rata-rata pemerintah daerah yang ada di Sumatera Barat, menyampaikan Payakumbuh patut bangga dengan penghargaan ini karena hal ini menunjukkan komitmen Pemko Payakumbuh dalam mendukung tercapainya tujuan reformasi birokrasi yaitu birokrasi yang efektif dan efisien serta melayani. 


"Untuk itu diperlukan ASN yang profesional. Hanya dengan menerapkan sistem merit, tujuan tersebut bisa diwujudkan. Kita berharap kedepan akan semakin baik lagi penerapan sistem merit di Pemko Payakumbuh," kata Wako Riza Falepi saat itu. (JPP)

 
Top