Masjid Terapung "Samudra Ilahi" berdiri kokoh dan megah di bibir pantai Carocok Painan, Kab. Pesisir Selatan. Masjid ini menjadi ICON baru pariwisata halal di Sumbar. Ist


Painan, Kupaspost.com- Masjid Agung indah nan mempesona, membuat semua mata terpana akan keindahannya dan decak kagum bergelombang sahut-bersahut dari mulut pengunjung bak desiran ombak dibibir pantai. Dengan desain nan yang sangat bagus, disanggah dengan tiang-tiang yang kuat dan diberikan ornamen juga jalan lingkar sekeliling Masjid membuat fikiran serasa fresh dan berada di luar negri.

Ya, sebuah bangunan terapung berkubahkan emas yakni, Masjid Samudra Ilahi berdiri kokoh serta megah menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Pantai Cerocok Painan, baik turis lokal maupun turis mancanegara.

Bagusnya lagi, Masjid terapung Samudra Ilahi menjadi background bagi pengunjung untuk berswafoto sebagai kenang-kenangan dan sebagi bukti mereka telah berkunjung ke Pantai Cerocok Painan. Dan saling berhadapan dengan pulau-pulau indah.

Salah seorang pengunjung asal Kota Bingkuang (Padang) Arie Sutan Malin Mudo mengatkan, rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke pantai Cerocok tidak berkunjung dan mengabadikan foto di Masjid yang SubhanAllah bagus dan indahnya ini.

Ad dua poin itu melekat pada sebuah masjid Samudra Ilahi di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Pasalnya, masjid ini berdiri kokoh nan unik karena tampak mengapung di tepi laut, sesuai dengan namanya "Samudra Ilahi".

Masjid Samudra Ilahi ini juga menunjang program pemerintah yakni menuju wisata halal, pungkas Arie.

Sementara itu, Kasi Cipta Karya Hendra Yani menuturkan,  letak masjid terapung Samudra Ilahi ersebut berada di bibir laut, sehingga terlihat seperti terapung di atas laut.

Kemudian, peresmian masjid Samudera Ilahi baru dilangsungkan pada  8 Februari 2021 lalu. Meskipun terbilang baru tetapi keberadaannya mampu menyedot perhatian masyarakat baik dari dalam maupun luar propinsi. Bahkan, ekonomi masyarakat sekitar naik secara signifikan, pungkas Hendra Yani.

Hendra melanjutkan, Masjid Samudera Ilahi menjadi ikon wisata halal baru di Sumbar. Selain sebagai pusat perkembangan agama Islam, Masjid Samudera Ilahi juga mampu menjadi pusat informasi kebudayaan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. 

Disamping itu, masyarakat yang berkunjung ke pantai Cerocok Painan bisa melaksanakan ibadah di Masjid ini.

Berdasarkan penjelasan dari Bupati Pesisir Selatan sebelumnya, Masjid Samudera Ilahi dibangun di atas lahan dengan luas 1.795 meter persegi. Ditopang dengan menara kembar yang menjulang tinggi ke angkasa menambah kemolekan akan perwajahannya.

Dengan anggaran biaya yang dikeluarkan untuk membangun masjid nan megah di pinggir laut tersebut mencapai Rp 27,5 miliar.

Bagusnya lagi, Masjid Samudera Ilahi mampu menampung jamaah sebanyak 300 orang. Masjid ini juga memiliki selasar, dua menara dengan tinggi 32 meter serta taman. Dengan total jamaah sebanyak itu maka bisa dipastikan masjid ini dapat menampung banyak massa. (Hr1)

 
Top