H. Epi Santoso, SP (baju putih) Ketua Baznas Kota Padang bersama beberapa pengurus lainya usai menghadiri Rakorda untuk penyusunan RKAT tahun 2022 dan diikuti oleh Baznas se Sumbar. @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Kupaspost.com- Dimasa penghujung tahun 2021, Badan amil zakat nasional (Baznas) Propinsi Sumatera Barat mengadakan rapat kerja daerah (Rakorda) dan pengesahan rencana kerja anggaran tahunan (RKAT) tahun 2022, Rabu 11-13 Rabiulawal 1443H atau (19/10/2021). 

Rapat  koordinasi Baznas Propinsi dengan Baznas Kabupaten-Kota se Sumbar tersebut diadakan di Axana Hotel, Kota Padang, Sumbar.

Dari 19 Kabupaten Kota Baznas di Sumbar, Baznas Kota Padang masih tertinggi dalam rangka rencana kerja tahun 2022 dan telah disahkan oleh Baznas Propinsi.

Hal itu dipaparkan H. Epi Santoso, SP Ketua Baznas Kota Padang disela Rakorda, bahwa tujuan dan target utama dari kegiatan RKAT ini adalah semua Kabupaten dan Kota harus bisa menyiapkan rencana kerja dan anggaran 2022 yang akan disahkan oleh pusat per 1 November ini.

" Alhamdulillah, berkat kerjasama dan sama-sama bekerja tim. Baznas Kota Padang ready 100 persen dalam hal penyusunan RKAT tersebut," pungkas Epi Santoso 

Epi menambahkan, syukurnya kita dari hasil RKAT yang telah diselesaikan tersebut sudah disahkan oleh Baznas Propinsi dan Baznas Kota Padang masih tertinggi dalam angka rencana kerja untuk tahun 2022.

Lebih jauh dipaparkan Ketua Baznas, pada tahun 2021 RKAT Baznas Kota Padang memiliki target 22 Miliyar. 

"Alhamdulillah sampai akhir September ini sudah terkumpul sebanyak 16,8 Miliyar," jelas Epi Santoso lagi.

Kita memprediksikan, lanjut Epi Santoso sampai akhir Desember akan terealisasi sesuai target. Karena, biasanya beberapa potensi sumber zakat belum full  yang masuk dan termasuk beberapa OPD dari Pemko Padang. Biasanya mereka akan merapel zakatnya diakhir bulan Desember.

" Dengan dirapelnya pembayaran zakat tersebut? Sehingga kekurangan 5,2 persen lagi dalam tiga bulan ini akan bisa tercapai," terang Epi penuh optimis.

Sedangkan untuk pendistribusian zakat kepada masyarakat penerima tahun 2021 masih on the track. Artinya, setiap program bulan berjalan harus diselesaikan, imbuh Epi 

Ditahun 2021 ini masih ada PR dan tiga agenda besar  yang mesti clear. Pertama, program dengan Korpri di bulan November. Kedua, Beasiswa untuk golongan satu dan dua, anak yang kuliah diluar. Kemudian, ketiga kegiatan akbar Sunatan Massal gratis di penutup tahun atau bulan Desember, pungkas Ketua Baznas memaparkan.

Namun, saat ini agenda kita yang sedang berjalan yakni penyaluran beasiswa tingkat SD dan SLTP bekerjasama dengan Dinas Pendidikan. Segangkan dengan Kemenag kita berikan tingkat Madrasah Ibtidaiyah dan MTsN.

" Kita berharap, dengan telah disahkannya RKAT Baznas Padang tahun 2022 oleh Baznas Propinsi Sumbar, bisa lebih mensejahterakan para mustahik atau masyarakat lemah. Sehingga, mampu mengangkat Padang Sejahtera, Mandiri-Madani, Padang sehat dan Padang Cerdas," tutup H. Epi Santoso berharap. (Hr1)


 
Top