Imral Adenansi, SH, MH Anggota DPRD Sumbar bersama KadisPar Novrial mendampingi Wagub Sumbar Audy saat pembukaan Bimtek Pokdarwis dari dana pokirnya. @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Kupaspost.com- Anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat Imral Adenansi, SH, MH dari Fraksi PPP dapil 8 Pessel- Mentawai Koncern dalam hal memajukan dunia Pariwisata, Khususnya Kabupaten Pesisir Selatan. Sebab, Daerah Pesisir Selatan berada disepanjang bibir pantai. 

Bimtek Pokdarwis yang berlansung selama dua hari tersebut dihadiri oleh Kadis Pariwisata Sumbar Novrial dan dibuka oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy.

Disampaikan Imral saat pembukaan Bimtek, Rabu (20/10/2021) di Axana Hotel kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari Dapilnya, ia mengatakan Bimtek ini merupakan peningkatan kapasitas masyarakat serta peran aktifnya dalam pengembangan kemitraan pariwisata. Sehingga nantinya, melahirkan Pokdarwis yang unggul, profesional, ramah demi kemajuan dan keunggulan wisata di Sumbar.

" Keberadaan Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan Pariwisata secara profesional merupakan kunci utama pengembangan dan kemajuan dunia Pariwisataan," beber Imral putra Sago ini.

Imral melanjutkan, Bimtek Pokdarwis ini tujuan utamanya ialah peningkatan SDM dari semua sektor. Sebab kita tahu, kemajuan pariwisata efek domino yang sangat tinggi korelasinya terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Ditambahkannya, Sumbar memiliki destinasi wisata nan eksotik. Khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan, selain indah juga memiliki objek wisata yang unik yakni Jembatan Akar. Kalau boleh dikatakan, Pessel negeri sejuta pesona merupakan kepingan sorga yang tersembunyi, ini pengakuan dunia luar, ulas Imral lagi.

" Nah, jika dikelola dengan kurang baik, tidak ramah dan kurang profesional. Maka, kurang dilirik oleh wisatawan baik domestik maupun manca negara," pungkas Imral yang juga Ketua Organda Sumbar ini.

" Saya mendukung bangkit nya industri pariwisata dan menggeliatnya destinasi wisata. Sebab, jika wisatanya bagus dan banyak pengunjung yang datang, tentu perekonomian dengan sendirinya akan bangkit," tegasnya.

Maka dari itu, keberhasilan pembangunan kepariwisataan tidak terlepas dari peran Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif. keberadaan SDM berperan penting dalam pengembangan pariwisata.

" Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata mencakup wisatawan/pelaku wisata (tourist) atau sebagai pekerja (employment) yang berperan dalam menentukan kepuasaan dan kualitas kepariwisataan,"papar Imral.

Dengan adanya Bimtek Pokdarwis ini dapat mengendalikan dan meningkatkan kualitas pariwisata serta yang tidak kalah pentingnya masyarakat sekitar kawasan wisata yang turut berpetan aktif menentukan kenyamanan, kepuasaan para wisatawan yang berkunjung kekawasan  tersebut.

" Sebagus dan menarik apapun objek wisata, tidak ada artinya tanpa keterlibatan tenaga pariwisataan dan pelaku ekonomi ekonomi dilingkungan destinasi wisata tersebut," imbuhnya.

Pengunjung saat melakukan foto di Panorama Puncak Paku kawasan Mandeh Pessel.

Masih kata Imral, suatu daerah akan cepat maju, jika daerah itu sering dan banyak dikunjungkarena . Sebab, setiap kunjungan akan memberikan efek domino bagi perekonomian.

Selain itu, semakin banyak orang berkunjung tentu kelangsungan usaha juga semakin terbuka, daya tarik pariwisata harus kita kembangkan, sesuai potensi dimiliki kawasan pariwisata tersebut," imbuhnya.

Selain koncern ke pariwisata dirinya juga telah membantu para nelayan kecil dengan penyerahan 35 unit mesin tempel, 75 unit handtracktor, penyerahan bibit, peningkatan ekonomi juga termasuk infrastruktur, dengan dana yang ia kucurkan tahun ini melalui dana pokir sebesar 10 miliyar

Hal senada Wagub Sumbar Audy menambahkan, sebagai lokus penyelengaraan Bimbingan Teknis (Bimtek), hal tersebut akan memberikan dampak positif terhadap pengembangan pariwisata di Sumatera Barat 

"Bimbingan tersebut sebagai upaya pemerintah dapat melakukan pemulihan ekonomi di sektor pariwisata sejak dilandanya pandemi covid-19 " terang politisi PPP ini meyakinkan peserta. (Hr1)

 
Top