Wabup Pasaman Sabar AS, M. Si mendampingi Gubernur Sumbar H. Mahyeldi dalan kunjungan perdana ke daerah Simamonen, @rie Sutan Malin Mudo


Pasaman, Kupaspost.com- Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, M. Si mendampingi Gubernur Sumbar H. Mahyeldi saat kunjungan perdana orang nomor satu di Sumbar ke Jorong Simamonen, Nagari Koto Rajo, Kecamatan Rao Utara, Kabupaten Pasaman, Minggu (3/10/2021).

Dikatakan Sabar AS, Simamonen sebuah daerah terisolir yang hanya bisa diakses menggunakan jalan kecil dan tanjakan yang berliku mengitari perbukitan. Untuk menuju kesana, harus melewati sungai dengan menggunakan kendaraan khusus 4 x 4 atau dobel gardan, ujar Sabar.

" Namun, kali ini tidak  menjadi alasan halangan tekad untuk bertemu dengan masyarakat yang tinggal di Simamonen," pungkas Wabup ini.

Ia melanjutkan, selain itu, kunjungan ini juga dalam rangka memantau infrastruktur untuk menunjang kehidupan masyarakat dan bagian upaya mende­kat­kan pelayanan pemeri­n­tahan dalam me­ningkatkan pembangunan daerah. Terutama terha­dap daerah yang selama ini masih terisolir jauh dari kemajuan pembangunan. 

Masyarakat Simamonen Nagari Koto Rajo Kecamatan Rao Utara, Kabupaten Pasaman merasa bermimpi dan terkejut, karena daerahnya didatangi Gubernur Sumatera Barat, ini adalah kunjungan perdana seorang Gubernur kedaerah tersebut sepanjang sejarah, ujar salah seorang tokoh masyarakat Simamonen.

Kedatangan Mahyeldi membuat masyarakat Simamonen sangat bahagia. Apalagi kedatangan orang nomor 1 di Sumbar juga didampingi oleh Wakil Bupati Pasaman bersama Komisi IV DPRD Sumbar untuk meninjau lokasi pembangunan infrastruktur jalan, Minggu (3/10/2021).

Masih kata Sabar yang juga Anggota DPRD Sumbar Dapil Pasaman 3 periode ini, daerah Jorong Simamonen sangat memiliki potensi besar menghasilkan komoditi karet, jagung dan sawit. Namun terkendala insfrastruktur jalan hasil pertanian masyarakat disini susah dibawa keluar. 

Dilihat dari kondisinya in­fra­struktur jalannya, men­jadi kendala utama da­lam meningkatkan kema­juan potensi daerah. Belum lagi persoalan infrastruktur pelayanan dasar. 

" Yang menjadi perhatian penuh dan prihatin kita ketika ada kemalangan masyarakat secara kebersamaan membawa pasien atau jenazah dengan memakai tandu bambu dikasih kain sarung saja," ujarnya.

Dalam kesempatan, pemerintah Daerah ini juga mendengarkan keluhan masyarakat Simamonen yang juga berkeinginan hasil pertaniannya bisa lebih memuaskan. 

InsyaAllah, Pemprov Sumbar berkomitmen untuk memajukan ekonomi masyarakat terutama dalam bidang pertanian termasuk daerah Simamonen, Rao Pasaman. 

Turut hadir, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, Suharjono Anggota DPRD Sumbar, anggota DPRD Pasaman, dan OPD terkait. Semoga usaha dan kolaborasi bersama bisa membangun daerah di Sumatera Barat. (Hr1)

 
Top