Anggota DPRD Kota Padang, Muzni Zen, Sh menyerahkan Bibit Kelapa Genjah Pandan Wangi Thailand kepada Tokoh Kuranji Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM mewakili keltan Kuranji dan disaksikan oleh Lurah Kasma Efendi. Ist/@rie 


Padang, Kupaspost.com- Upaya meningkatkan ekonomi masyarakat Kuranji, khususnya kelompok tani terus dilakukan oleh Anggota DPRD Kota Padang, Muzni Zen, SH fraksi Gerindra berupaya membangkitkan semangat masyarakat Kuranji dengan menyerahkan bibit Kelapa Genjah Pandan Wangi Tailand.

Bibit  tersebut diterima perwakilan kelompok tani (Poktan) di Kecamatan Kuranji, Kamis (2/12/2021) berlokasi di Padang Fishing Club (PFC) Kelurahan Kuranji, Belimbing, Kota Padang.

Dikatakan Muzni Zen, Kelapa Genjah Pandan Wangi Thailan ini bernilai tambah tinggi adalah buah kelapa muda,  karena bisa berbuah lebih awal yaitu 2,5 hingga 3 tahun setelah tanam dan benih.

Lanjutnya, pemanfaatan buah Kelapa Genjah Pandan Wangi Thailan sebagai kelapa muda gelondongan ditingkat petani saat ini sebesar Rp. 10.000 perbutir. Jika setiap tandan menghasilkan minimal 10 butir dan setahun menghasilkan 13 tandan, maka dihasilkan 130 butir perpohonan pertahunan, urai Anggota DPRD Padang 3 periode ini.

"Kami berharap bantuan bibit Kelapa Genjah Pandan Wangi Tailand dapat mengangkat perekonomian masyarakat selama ini terpuruk Akibat Pandemi," ujar anggota Fraksi Gerindra Kota Padang, Muzni Zen saat menyerahkan bibit dan juga bantuan pupuk.

Muzni melanjutkan, tanaman kelapa pandan wangi mampu tumbuh dengan baik pada berbagai jenis tanah seperti aluvial, laterit, vulkanis, berpasir, tanah liat, ataupun tanah berbatu, tetapi paling baik pada endapan aluvial. Kelapa pandan wangi dapat tumbuh subur pada pH 7,6.

"Ini juga salah satu peremajaan tanaman kelapa, yang sudah banyak tua dan itu sangat perlu peremajaan, apalagi pohon yang sudah tua sudah banyak yang ditebang dan di jadikan bahan kayu bagi masyarakat, kalau tidak dilakukan peremajaan tentu pohon-pohon kelapa akan berkurang," papar Muzni Zen.

Semoga dengan adanya penanaman kelapa Genjah  Pandan Wangi Thailand ini, bisa menoang dan menambah perekonomian pada kelompok atau masyatakat Kuranji, imbuhnya.

Turut hadir pada penyerahan bibit kelapa tersebut yang merupakan dana Pokirnya Muzni Zen itu, Selain Kadis Pertanian Kota Padang, Ketua LPM Kuranji/ MPA KAN Kuranji Irwan Basir, SH MM ,Dr. Rajo Alam. 

Juga turut hadir lurah Kuranji Kasma Efendi, Mulyadi Muslim dan penyuluh serta perwakilan kelompok tani Kuranji. (Hr1)

 
Top