Payakumbuh, Kupaspost.com - Pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting dalam meningkatkan kualitas manusia dan terpenting dalam kehidupan kita, ini berarti bahwa setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu berkembang didalamnya.

Pentingnya pendidikan kedepan dapat menjadi sumber dari segala sumber kemajuan suatu bangsa, karena dengan melalui pendidikan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa tersebut dapat ditingkatkan.

Pendidikan yang bermutu dan berkualitas, tidak terjadi dengan sendirinya namun melalui hasil dari proses yang berjalan dengan baik, efektif dan efisien.

Untuk meningkatkan mutu dan kualitas layanan pendidikan di Kota Payakumbuh, maka Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh adakan Rakor (Rapat Koordinasi) Bidang Pendidikan dengan PJ Wali Kota Payakumbuh Drs. Rida Ananda, M.Si yang dilaksanakan, Senin (10/10) di Aula Lantai III Balaikota Payakumbuh, 

Kegiatan ikut dihadiri 3 OPD Mitra Dinas Pendidikan yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kemenag Payakumbuh dan Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh serta Kepala TK,SD, SMP di Payakumbuh.

Rakor dibuka oleh PJ Walikota Payakumbuh, Drs. Rida Ananda, Msi, didampingi Asisten II Wali Kota Payakumbuh Elzadaswarman, SKM.. MPPM, Kepala Dinas Pendidikan Dr.Dasril,S.Pd,M.Pd dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Wawan Sofianto, SKM, M.Si didampingi Sekretaris, Kabid serta 10 Kepala Puskesmas Payakumbuh, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Nofriwandi, SH didampingi Kabid Pemuda dan Olahraga, Plh Kemenag Payakumbuh dihadiri Kasubbag TU Kankemenag Kota Payakumbuh H.Mustafa didamping Plh.Kasi Bimas Islam Kanapi dan 8 orang Kepala Madrasah Kota Payakumbuh.

Kadisdik Payakumbuh Dr. Dasril, S.Pd,. M.Pd pada rakor ini berharap adanya dukungan kebijakan kepala daerah dalam peningkatan kualitas pendidikan, dan difasilitasi kebijakan anggaran dalam bentuk BOS Daerah.

"Untuk mendukung kekurangan BOS bagi sekolah-sekolah negeri agar kegiatan pengembangan kegiatan akademis dan ekstrakuriler bisa lebih optimal lagi karena disadari bos yang diterima sekolah masih sangat terbatas jumlah nya dan keleluasan dalam penggunaannya,"pungkas Kadis

Arahan PJ Walikota Payakumbuh Drs.Rida Ananda,M.Si

PJ Walikota Payakumbuh Drs.Rida Ananda,M.Si dalam membuka rakor, menyampaikan bahwa ada beberapa program Kota Payakumbuh yang perlu ditindak lanjuti yakni kemiskinan ekstrem, stunting, Bian, kedisilinan dan pembuatan lagu Mars Payakumbuh.

"Kepsek dan guru dapat berperan dalam penanggulangan stunting, masyarakat miskin, absulot yang memiliki anak sekolah melalui kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Puskesmas dan pemerintah kelurahan,"ujar Pj.Wako

Selanjutnya sekolah dapat membuat inovasi untuk meningkatkan minat masyarakat bersekolah di sekolahny seperti layanan pendidikan agama, seni dan olahraga, ekstrakurikuler, pramuka dan dll.

Disamping itu, PJ Walikota Payakumbuh juga meminta guru dan kepsek agar ikut dalam berprestasi dalam lomba cipta lagu mars Payakumbuh dan lomba membuat surat kepada Walikota terkait ide-ide pembangunan pendidikan dalam rangka program Payakumbuh Cerdas dan Berkarakter.

Kegiatan ini juga disempatkan dengan penyerahkan bantuan zakat Baznas Payakumbuh kepada guru/tendik, siswa/mahasiswa di Payakumbuh serta pelepasan kontingen FOP (festival olahraga pelajar) Kota Payakumbuh sebanyak 12 orang atlit terdiri dari 6 orang cabang silat SD, SMP, SMA dan 6 orang cabang atletik SD, SMP, SMA.(Jpp)

 
Top