PadangKupaspost.com – Setelah dua tahun terakhir dilaksanakan secara daring, Upacara  Peringatan hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke -77 yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2022 kembali diselenggarakan secara luring. Meski Kota Padang diguyur hujan dengan intensitas ringan, para peserta tetap semangat mensukseskan upacara yang diselenggarakan di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Rabu (05/10/2022).

Tak ketinggalan, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo bersama Dandim 0306/50 Kota Letkol. Inf. Denny Nurcahyono dan seluruh Bupati/Walikota, Dandim, Kapolres di Sumatera Barat mengikuti langsung upacara yang HUT TNI tersebut.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Komandan Resort Militer (Danrem) 032/Wbr, Brigjen TNI Purmanto sedangkan Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan II (Yonmarhanlan II) Padang Letkol Marinir Arief Bastian Sanusi Chaniago didapuk menjadi Komandan Upacara.

Mengusung tema “TNI adalah Kita” upacara turut diikuti Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Wakapolda Sumbar Brigjend. Edi Mardianto, dan unsur Forkopimda Sumbar serta diikuti oleh seluruh Prajurit angkatan, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara, juga diikuti oleh Polri Polda Sumbar, ASN TNI, dan Pelajar kota Padang.

Dalam amanatnya Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Purmanto selaku Inspektur Upacara menyampaikan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bahwa berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, di antaranya hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) sebesar 93,2 persen.

 Sedangkan hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93 persen dan Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi sebesar 93.5 persen. 

”Oleh karenanya, saya menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI," ujar Brigjen Purmanto.

Sementara itu, Bupati Safaruddin meyampaikan selamat Dirgahayu ke-77 kepada  TNI dan berharap semoga TNI tetap bisa melaksanakan  Sapta Marga dan Sumpah Prajurit dengan penuh konsisten.

"Mewakili Forkopimda serta seluruh masyarakat Lima Puluh Kota, saya mengucapkan Selamat Hari jadi TNI ke-77. Tema ulang tahun kali ini yang bermakna bahwa TNI dengan masyarakat merupakan satu kesatuan, TNI berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat, maka kami berharap dapat diimplementasikan oleh prajurit TNI," tegas Bupati Safaruddin.

 Kemudian Ia mengungkapkan di usia yang ke-77 tahun, peranan TNI dan Polri begitu penting bersama pemerintahan daerah, profesionalitas dan kebersamaan yang terjalin merupakan modal besar dalam mencapai tujuan yang diinginkan. 

Lebih lanjut Bupati Safaruddin berharap, semoga kekompakkan antara pemerintah,TNI dan Polri mampu membangun Lima Puluh Kota yang Madani, beradat, dan Berbudaya. "Semoga TNI makin solid, menjaga rasa kebersamaan, menjaga republik tercinta Indonesia dan terus memberikan rasa aman bagi seluruh rakyat Indonesia," pungkas Bupati Safaruddin.


Pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI, para prajurit juga menampilkan demonstrasi beladiri dari personil gabungan TNI-Polri dan masing-masing angkatan juga menampilkan berbagai alutsita yang dimilikinya, setelah upacara parade kegiatan dilanjutkan dengan defile pasukan dan Kendaraan. (Jpp)

 
Top