PayakumbuhKupaspost.com - Sebanyak 154 anak berstatus stunting yang ada di wilayah kecamatan Payakumbuh Barat menerima bantuan sosial (bansos) dari Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda, Senin (12/12).


Bantuan Bahan pangan diserahkan Pj. Walikota Rida Ananda kepada orangtua anak stunting, di Puskemas Ibuh, kecamatan Payakumbuh Barat.


Terbagi pada tiga lokasi berbeda, yakni di Puskesmas Ibuh (88 orang), Puskesmas Payolansek (38 orang) dan Puskesmas Parit Rantang (28 orang) bantuan yang diserahkan berupa beras sebanyak 10 kilogram, telur ayam 30 butir, kacang hijau 2 kilogram, dan susu bubuk kemasan 1 kotak.


Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda yang diwakili kepala dinas ketahanan pangan Edfidel Arda mengatakan jika bantuan yang diserahkan merupakan program bantuan yang ditrima dari dinas pangan Provinsi Sumatra Barat.


Sesuai permintaan dari Pj. Walikota, Edfidel meminta agar ibu-ibu dapat memastikan putra-putrinya tercukupi nutrisi dan gizinya. Sebab gangguan tumbuh kembang anak berawal dari hal dimaksud.


Diungkapkan Edfidel, jika pemberian bantuan saat ini hanya bersifat stimulus. Menjaga pola makan sehat dan bergizi serta rutin memeriksakan kesehatan pada proses kehamilan, adalah hal yang utama,” katanya.


Dikatakannya bersama kepala dinas kesehatan Wawan Sofianto bahwa Pemerintah kota Payakumbuh terus berupaya membantu memenuhi kebutuhan masyarakat semaksimal mungkin, khususnya dalam pencegahan, penanganan dan penurunan stunting.


Sekaligus, Edfidel berharap Program Orangtua Asuh yang digagas Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda sebelumya mendapat dukungan dan mendorong partisipasi masyarakat wiraswasta, pengusaha maupun stakeholder lainnya demi mencegah dan mengurangi permasalahan stunting.


“Tentunya semoga bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya bagi keluarga terdampak. Selanjutnya kegiatan serupa bakal terus kita  laksanakan, hingga angka Stunting yang ada di kota payakumbuh dapat menurun,” pungkasnya. (Jpp)

 
Top