Payakumbuh, Kupaspost.com- Zeki Oktariza Karini Kasubag BIN Kejari Pariaman adakan pertemuan silaturahmi dengan Niniak Mamak Nan 12 Selo, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, serta Tokoh Masyarakat, Sabtu (06/01) di Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Nan Ompek.

Pertemuan Silaturahmi tersebut membahas bagaimana peran anak Nagari Koto Nan Ompek di Pilkada Payakumbuh di Tahun 2024 yang Akan datang, sudah 3 periode Pilkada Payakumbuh sebelumnya, anak nagari Koto Nan Ompek selalu menduduki kursi nomor 2 di pemilihan kepala daerah tersebut.

Ketua KAN Koto Nan Ompek YE. Dt. Pangulu Rajo Nan Itam dalam sambutan nya menyampaikan bahwa dalam silaturrami yang digelar ini, ada anak nagari yang bakal maju pada Pilkada 2024 mendatang. 

"Kalau dapat kita bersatu menyatakan sikap untuk kedepan nya, Saciok bak ayam, Sadontiang bak basi," harap YE. Dt. Pangulu Rajo Nan Itam 

Dt. Pangulu Rajo Nan Itam juga menyampaikan tidak tertutup  bagi anak nagari yang lain nya. 

"Saat ini Zeki Dt. Paduko Sati Marajo ini memiliki niat untuk maju pada Pilkada 2024 mendatang. Namun juga terbuka bagi anak nagari Koto Nan Ompek lain nya," imbuhnya 



Sementara itu, Zeki Dt. Paduko Sati Marajo mengatakan memang berniat maju pada Pilkada 2024 mendatang. 

"Memang memiliki niat untuk maju di Pilkada 2024 Payakumbuh mendatang. Untuk itu perlu adanya kebersamaan yang kuat antara  kita bersama  di Nagari Koto.Nan Ompek," ujar Zeki Dt. Paduko Sati Marajo. 

Selain itu Zeki Dt. Paduko Sati Marajo juga menyampaikan bahwa jika ada anak nagari selain dirinya yang berkeinginan maju sebagai Calon kepala daerah pada Pilkada Kota Payakumbuh 2024 mendatang, KAN Koto Nan Ompek membuka pintu selebar lebarnya. 

"Jika ada anak nagari Koto Nan Ompek, memiliki keinginan yang sama untuk maju pada pilkada 2024 memdatang, Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Nan Ompek menuka pintu selebar lebarnya," imbuh Zeki.

Zeki Dt. Paduko Sati Marajo juga menyampaikan jika ada Popularitas dan Elektabilitas yang lebih baik dari dirinya, maka ia juga siap mendukung. Terpenting harus anak Nagari KotoNan Ompek. Begitu sebaliknya jika Popularitas dan elektabilitas ambo nan lebih tinggi, maka hendaknya ambo juodidukung oleh segenap anak nagari Koto Nan Ompek,"pungkasnya. 

Begitu juga sambutan disampaikan oleh Dt. Simarajo Nan Runciang salah seorang perwakilan Niniak Mamak Pasukuan Koto Sikumbang. Dimana beliau menyampaikan bahwa kehadiran Zeki Dt. Paduko Sati Marajo telah menjalani proses untuk naik Ke Balai Adat. 

"Sebelum melangkah ke Balai Adat atau menggelar silaturrahmi ini, Zeki Dt. Paduko Sati Marajo telah menjalakan perjalanan adat. Dimana telah meminta restu kepada Niniak Mamak Koto Sikumbang. Oleh sebab itu atas kesepakatan bersama maka kami.selaku niniak.mamak menghantarkan Zeki Dt. Paduko.Sati Marajo ke Balai Adat untuk menyampaikan niat baiknya untuk maju pada Pilkada 2024 mendatang," ujar Dt. Simarajo Nan Runciang. 

Selain itu Dt. Simarajo Nan Runciang juga menyampaikan apa yang telah disampaikan oleh Zeki Dt. Paduko.Sati Marajo bahwa ia siap maju dan siap mundur dari pencalonan, yang terpenting bagaimana Koto Nan Ompek menjadi nomor satu. 

"Sudah disampaikan oleh Zeki Dt. Paduko Sati Marajo bahwa ia siap maju dan mundur dari pencalonan pada pilkada mendatang, asal memang ada yang terbaik dari dirinya. Asalkan Koto Nan Ompek bisa bersatu untuk menjadi nomor satu pada Pilkada 2024 mendatang," imbuh Dt. Simarajo Nan Runciang.(*)

 
Top