Limapuluh Kota - Kupas-news.com - Atas tindak lanjut dari pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan segera berakhir pada tanggal 7 Juni 2020 esok, pemerintah Kabupaten Lima Puluh sudah siap menyambut dan melaksanakan program setelah PSBB itu dengan program era Kenormalan Baru.

Pemkab Limapuluh Kota melaksanakan apel gabungan bersama TNI/Polri, BPBD, Satpol-PP, Damkar dan Dishub, dimana apel gabungan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pemangku kepentingan dalam Menegakan Disiplin Protokol Kesehatan dalam melaksanakan kenormalan baru, yang mulai dilaksanakan 8 Juni 2020.

Selaku pimpinan apel, Bupati dalam Amanatnya menegaskan, pada era Kenormalan baru ini kita fokus untuk menegakan disiplin protokol kesehatan bagi semua warga masyarakat ketika melaksanakan kehidupan sehari-hari,

“apalagi lagi aktifitas ekonomi sudah mulai dibuka kembali. Masyarakat diharapkan kesadaran dan ikhlasannya untuk memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan”, imbuh Bupati saat memimpin apel di pasar Sarilamak, Kecamatan Harau, Sabtu (6/6).

Apel gabungan yang dibidani oleh Polres Lima Puluh Kota dibawah Komando Kapolres AKBP Sri Wibowo, S.IK MH itu turut dihadiri oleh Seluruh Forkompinda, Ketua DPRD, Pengurus MUI, Wali nagari Sarilamak dan Tokoh masyarakat.

Saat apel berlangsung, Bupati juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah gigih mengedukasi masyarakat untuk patuh terhadap Protokol Kesehatan, “Mari kita jalankan tugas mulia ini dengan sabar dan disiplin”, tutur Bupati.

Setelah dilaksanakannya Apel gabungan tersebut, Forkompinda ikut berikan bantuan dalam penanganan percepatan pemulihan dari wabah Covid-19 dengan menyerahkan Alat Penyemprotan kepada perwakilan Camat dan Wali Nagari yang dalam hal ini diwakili Camat Harau Andri Yasmen, S.Sos dan Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya, SE.

Dan juga setelah penyerahan bantuan dari Forkopimda itu, seluruh peserta Apel yang dipimpin Bupati meninjau Pokan Sotu Sarilamak dan langsung memberikan bimbingan ke pengunjung pasar tentang perlunya menjaga kesehatan dan patuh terhadap protokol kesehatan, sambil menyerahkan masker ke masyarakat yang belum memakai masker.

Sementara itu setelah apel berlangsung, Dandim 0306 Lima Puluh Kota Letkol Kav. Ferry S Lahe dalam pengamatannya ketika berada dalam pasar mengungkapkan rasa bangganya, “lebih 95 persen pengunjung pasar telah memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan lainnya, dan ini merupakan awal yang baik untuk menegakan era Kenormalan baru”, jelasnya.

Dilain sisi, Wali nagari Sarilamak Olly Wijaya, SE merasa bahagia atas adanya kegiatan ini, “karna dengan dilaksanakannya giat ini, telah dapat membantu Pemerintahan Nagari Sarilamak dalam mendidik masyarakat untuk sadar dan patuh terhadap protokol kesehatan secara khususnya dan juga untuk pedagang serta pengunjung pasar Sarilamak”, ujar Wali Nagari yang ramah itu.

Dengan pelaksanaan era Kenormalan baru nanti, Bupati Irfendi Arbi berharap pada berbagai bidang kehidupan masyarakat seperti pembukaan tempat ibadah, pasar, tempat wisata dan aktifitas ekonomi lain, diharapkan kehidupan masyarakat akan puliih kembali, dengan masyarakat harus patuh dan taat untuk melaksanakan protokol kesehatan.(JPP) 

 
Top