Irwan Basir Dt. Rajo Alam (baju orange garis) saat berbaur bersama warga goro pemasangan polong jembatan untuk akses jalan. Minggu (26/7/2020) di Belimbing. Sutan Malin Mudo



Padang, Kupasnews.com- Jiwa sosial dan rasa kebersamaan, memberikan sesuatu yang bermanfaat juga dibutuhkan orang banyak dan turun ketengah masyarakat baik kemalangan, secara spontan berbaur bersama kerja bakti maupun hajat baik lainnya. Itulah jiwa dan rasa empati yang dimiliki oleh sosok Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM.

Kepedulian Ketua DPD LPM (Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Kota Padang dalam membantu kebutuhan warga memang tak ternilai harganya. Ya, semenjak Maret 2020 di awal masa pandemi sampai saat ini, tanpa henti, tanpa pandang ras, suku, golongan dan agamapun tetap ia berikan. Baik berupa uang tunai, sembako, beras dan kebutuhan lainnya.

Bukti nyata, begitu menghadiri kegiatan gotong-royong (goro) warga di Komplek PGRI kawasan Perumnas Balimbiang, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji Kota Padang, Minggu (26/7/2020) pagi, dirinya terjun ketengah masyarakat secara spontanitas memberikan bantuan. Baik bantuan tenaga bahkan bantuan berupa benda yang di perlukan.

Kebutuhan yang crusial saat itu , ia memberikan bantuan enam buah cincin polongan untuk membuat jembatan yang dibutuhkan warga setempat. Tentu saja bantuan tersebut membuat warga senang.

" Ini spontan saja tergerak hati saya untuk membantu tanpa direncanakan. Karena yang digoro kan warga untuk membuat sebuah jembatan. Maka, saya memberikan bantuan polongan. Yang penting bantuan tersebut bermanfaat untuk kepentingan umum. Itu saja kuncinya," ungkap Irwan Basir kepada wartawan di sela-sela kegiatan goro warga tersebut.

Bagi saya, lanjut Datuk IB jika jemabatan ini dilewati setiap orang dan di jalan kebaikan. InsyaAllah pahalanya terus mengalir, ujarnya sembari bersenda gurau bersama warga komplek PGRI.

Menurutnya, bantuan ini sebagai bentuk kepedulian sosial DPD LPM Kota Padang dalam membantu masyarakat. Sebab, LPM merupakan wadah sosial untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Dengan menggalakkan semangat gotong-royong warga ini menjadi salah satu misi dan visi LPM dalam pembinaan sumber daya manusia yang handal dan tangguh demi tercapainya kemakmuran bersama. Juga terhindar dari sumber penyakit, salah satunya bisa memutuskan rantai penyebaran virus Corona ini, terang Kabid Linjamsos Sumbar ini.

" LPM Kota Padang hadir di tengah masyarakat untuk membangkitkan semangat gotong-royong yang harus selalu tertanam di hati masyarakat sebagai upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan menjaga NKRI," tegasnya.

Kedepan, kita berharap apa yang dibangun melalui program-program LPM Kota Padang hendaknya bermanfaat dan dapat membantu masyarakat. Saya rasa tidak perlu muluk-muluk, sambungnya.

Usai menghadiri kegiatan goro di Komplek PGRI tersebut, Irwan Basir beserta rombongan tim media centernya langsung meluncur ke daerah Pasa Lalang Kelurahan Kuranji, Belimbing guna menghadiri undangan goro warga di sana. (rel/hr1)
 
Top