Anggota DPRD Padang Komisi IV Zulhardi Z Latif bersama Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Padang Denti dan didampingi RW 3 Kelurahan Kuranji Zulfa Hendri, saat meninjau perencanaan pembangunan SLTP Negeri baru tahun 2021. Sutan Malin Mudo


Padang, Kupas-news.com- Tingginya angka kelulusan Sekolah Dasar di Kota Padang mencapai 14.836 orang, sementara daya tampung SLTP Negeri hanya sanggup menampung sebanyak 8.697 orang dengan 43 SMP Negri di Kota Padang. Artinya, ada sekitar kurang lebih 6000 anak yang tidak tertampung. Khusunya lagi di daerah Belimbing yang tidak memiliki SLTP Negeri.

Dalam pantauan Zulhardi Z Latif, anggota DPRD Padang komisi IV, mengatakan, saat ini dengan sistem zonasi yang diterapkan sehingga banyak anak-anak yang tidak tertampung di sekolah SLTP Negeri, ujarnya saat di hubungi via Whatsapp, Selasa (14/7/2020).

Lanjut Zulhardi, saat hearing dengan Kepala Dinas pendidikan kota Padang kemaren, disampaikan juga persoalan Penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang meresahkan para orang tua murid. Khususnya daerah Belimbing. 

" Belimbing penduduknya 36000 jiwa dan disini banyak berdomisili orang produktif, sementara SLTP Negeri tak satupun berada di kawasan padat penduduk ini," terang Buya panggilan akrabnya.

Ia menambahkan, saat ini baru ada SLTP Negeri di Balai Baru, Sungai Sapih, Gunung Sarik dan Korong Gadang. Ini semua jaraknya sangat jauh dari Belimbing. Artinya, jika sistem zonasi masih diberlakukan tidak tertutup kemungkinan akan banyak anak-anak generasi Belimbing yang menganggur.

Maka dari itu, tegas Buya Zulhardi, di Belimbing ada tanah fasum yang luasnya kurang lebih 1 hektar RW 3 Kelurahan Kuranji.
Tentunya dengan lokasi yang luas ini bisa di didirikan SLTP Negeri baru. 

" Untuk tahap awal di tahun 2021 akan dibangun 3 lokal dulu. Target kita bisa di bangun 27 ruang belajar. Selain bisa menampung anak Belimbing, juga menambah tenaga guru dan pegawai. Tak kalah pentingnya, ekonomi masyarakat sekitar juga akan hidup," ungkap Buya Zulhardi.

Terakhir terang Politisi Golkar ini, dengan berdirinya SLTP Negeri di Kelurahan Kuranji Belimbing, bisa sebagai antisipasi dari sekarang sistim Zonasi kalau sistim Zonasi ini berlajut besar kemungkinan anak anak kita kelurahan kuranji tamatan SD akan sulit  utk melanjutkan ke SMP Negeri.

" Kapan perlu nantinya Sekolah ini kita jadikan sekolah unggulan di Kota Padang," tutup Buya Zulhardi,". (hr1)
 
Top