Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM Ketua DPD LPM Kota Padang yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Adat KAN Pauh IX Kuranji, usai meresmikan perguruan Silek Sasaran Kampung Jambak Lubuk Lintah. Sutan Malin Mudo


Padang, Kupas-news.com- Dalam rangka mengurangi kenakalan remaja sekaligus menanamkan serta menumbuh kembangkan pelestarian adat dan budaya kepada generasi muda khususnya pencak silat. Maka, seyogyanya perlu diwarisi sedini mungkin.

Saat peresmian perguruan silek Pauh "Sasaran Kampung Jambak" di Kelurahan Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang yang dihadiri oleh tokoh adat, para terua, ninik mamak, bundo kanduang dan generasi muda, camat, Kapolsek, Ketua IPSI Kota Padang yang diwakili oleh Erman Jamal dan Ketua BMPN Pauh IX M. Fikar Dt. Rajo Magek dan diprakarsai oleh sipangka Noa Rang Kuranji, Sabtu (22/8/2020).

Irwan Basir Datuk Rajo Alam yang juga Ketua MPA KAN Pauh IX mengatakan, ini kegiatan positif dalam menjaga generasi muda milenial dari hal-hal negatif. Disamping itu, juga bentuk mewarisi nilai adat dan budaya membangun kearifan lokal. Warisan budaya adat nan indak lakang dek paneh, indak lapuak dek hujan dalam kultur budaya Minangkabau adat diisi limbago dituang.


" Ada dua pesan yang dapat diambil dari silek (silat). Pertama nilai-nilai tradisi dan budaya, kedua olah raga menjaga kebugaran," terang Datuk IB biasa ia di sapa.

Datuk IB melanjutkan, perguruan silek sasaran Kampung Jambak ini ibarat mambangkik batang tarandam, sebab sudah lama tidak adanya silat ini di adakan. Selain itu upaya tuo-tuo guru silek menghidupkan kembali kanagari, pungkas ketua MPA KAN Pauh IX ini lagi.

" Barang kali ini bisa jadi percontohan bagi nagari dan sasaran lain yang ada di Kota Padang. Karena ini merupakan pentasnya melahirkan anak bangsa yang kreatif dan aset dibidang seni beladiri Pauh IX," harap Irwan Basir Ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Ia melanjutkan, dengan adanya sasaran Kampung Jambak ini, bisa menyatukan kita semua, hilangkan pikiran negatif. Bisa jadi ini bisa membangunkan sasaran yang ada. Kemudian bagi lembaga yang ada, jadikan ini sebagai ajang pembinaan untuk melahirkan bibit baru yang siap membesarkan dan mengharumkan sasaran dan Kota Padang kedepan, tutupnya. (hr1)
 
Top