Keceriaan warga dan tokoh Kuranji, saat syukuran penyerahan piagam terbaik I lomba Kampung Tageh rumah gadang oleh Kapolsek Armijon, di Komplek Delima Blok A, Belimbing, didampingi Ketua RW 08 Kadril Rajo Darek, Minggu (23/8/2020). Sutan Malin Mudo



Padang, Kupas-news.com- Memeriahkan dan menyemarakan serta merayakan atas pencapaian peringkat I tingkat Kota Padang, dalam rangka lomba Nagari Kampung Tageh Rumah Gadang, sebagai percontohan menanggulangi pandemi Covid-19, dalam rangka HUT Bhayangkara ke 74 tahun. Kelurahan Kuranji, Komplek Belimbing Blok A dinobatkan jadi yang terbaik.

Sebagai wujud rasa syukur atas pencapaian tersebut, warga mengadakan syukuran dan makan bersama dengan para tokoh, pemuka adat, unsur forkopimca, Minggu malam (23/8/2020). Setelah makan bersama dilakukan safari keliling komplek melihat kemilaunya lampu kelap-kelip menghiasi indahnya lingkungan tersebut.

Tokoh panutan Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengatakan, ini kemenangan kita bersama. Momen ini pun tepat, selain hari kemerdekaan juga momen hijrah. Artinya, kemenangan ini mesti bisa di pertahankan. Yang namanya tageh, tangguh itu merupakan kekuatan dan ketangguhan bersama baik dalam keadaan normal maupun dalam situasi emergency, sehingga melahirkan kreatifitas yang bermanfaat dalam hal kesetiakawanan sosial, ekonomi kreatif dan religius.

" Ini sebuah pencapaian dan kemajuan yang luar biasa yang sangat bermanfaat dan mengharumkan nama Kuranji. Ini sebuah sejarah baru, dengan rasa kebersamaan 'Saciok bak Ayam, sadanciang bak basi dan saiyo sakato' dalam hal aplikasi sikap, perbuatan dan tingkah laku," pungkas Datuk IB.

Datuk IB melanjutkan, kesiapan dan kesiap siagaan warga, tokoh masyarakat real adanya dan bukan dibuat-buat apalagi rekayasa. Sehingga, kemenangan ini murni dengan segala regulasi dan persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia. Ditambah, kemampuan masyarakatnya yang saling isi, satu visi dan membawa misi yang sama. Artinya, masyarakat punya andil dan kepedulian terhadap kampung tageh ini.

" Walaupun keberagaman dan heterogen warga tetap bersatu, saling tolong menolong dalam hal mengatasi pandemi Covid-19 ini," ujar Ketua Pembina Kampung Tageh Kuranji ini.


Lebih jauh disampaikan Datuk IB, program yang nyata dilakukan secara bersama dan dikerjakan secara penuh kebersamaan dengab rasa tanggung jawab maka melahirkan nilai tambah positif maupun produktif. Kemudian, di implementasikan dan di aplikasikan dalam kehidupan sosial bermasyarakat, maka akan melahirkan  hasil yang sesuai dengan harapan bersama, imbuhnya.

" Semoga kedepan pergerakan BMPN dan tim Covid-19 kampung tageh ini menjadi contoh, sinar dan barometer bagi dearah lainnya," ujar Datuk IB mengakiri. (hr1)
 
Top