PasamanBarat-kupas-news.com- Pencak Silat Marelang Sakti merupakan salah satu warisan budaya Indonesia, karena itu kita harus melestarikannya dengan terus menjaga Pencak Silat ini dan terus mengadakan perkembangannya.

Salah satu cara menjaga dan melestarikan budaya ini, Perguruan Pencak Silat Marelang Sakti iala⁵h dengan terus mengadakan latihan-latihan setiap dua kali seminggu.

Perguruan Pencak Silat Marelang Sakti, sebuah perguruan yang kelak nantinya akan terus mewariskan budaya-budaya pencak silat ini kepada generasi muda.

Perguruan Pencak Silat Marelang Sakti yang beralamat di  Simpang Ampek Kampung Cubadak, Kanagarian Lingkuang Aua Kecamatan Padaman, Kabupaten Pasaman Barat.

Matralis Rain sebagai pendiri Pencak Silat Marelang Sakti mengatakan di dalam pencak silat ini, tentu ada yang dinamakan dengan pertandingan yang dilakukan berdasarkan rasa persaudaraan dan jiwa kesatria dengan menggunakan unsur bela diri, seni dan olahraga pencak silat, ujarnya 24/08/2020.

Seni Tunggal yaitu kategori pertandingan pencak silat yang menampilkan seorang pesilat memperagakan kemahiran dalam jurus tunggal baku secara besar, mantap dan penuh penjiwaan.

Seni Ganda yaitu kategori pertandingan pencak silat yang menampilkan dua orang pesilat dari kubu yang sama, memperagakan kemahiran dan kekayaan teknik jurus bela diri pencak silat yang dimiliki.

Seni Beregu yaitu kategori pertandingan pencak silat yang menampilkan tiga pesilat dari kubu yang sama, memperagakan kemahiran dalam jurus regu baku secara bersamaan dan penuh dengan kekompakan, katanya.

Semoga Perguruan Pencak Silat Marelang Sakti terus dikenal oleh masyarakat luas dan tetap diminati oleh kaum melinial khisusnya dibumi ranah minang,tetap berjaya dimasa masa yg akan datang, harapnya.

Abrol.
 
Top