Zulhardi Z Latif Ketua IPSI Kota Padang yang juga Anggota DPRD Kota Padang memberikan amanat dan nasehat kepada anak sasian perguruan silek Pauh, Sasaran Kampung Jambak Lubuk Lintah, Padang. Sutan Malin Mudo



Padang, Kupas-news.com- Menggeliat dengan banyak munculnya sasaran silek di Kuranji maupun di  Kota Padang merupakan tandanya para tuo-tuo silek atau para guru-guru serius mewarisi kebudayaan warisan leluhur kepada generasi muda.

Silek Pauh Sasaran Kampung Jambak Lubuk Lintah salah satu sasaran silek yang baru saja didirikan dan diresmikan beberapa minggu lalu. Namun, keseriusan dan eksistensinya sudah dirasakan. Bahkan, Ketua IPSI Kota Padang Zulhardi Z Latif yang juga tokoh Kuranji mengunjungi dàn bersilaturahmi dengan anak sasian di sasaran Kampung Jambak tersebut, Sabtu (29/8/2020) malam.

Dalam bincang ringan, Zulhardi mengatakan dengan adanya sasaran- sasaran silek yang ada di Kota Padang banyak bangkit dan melahirkan generasi muda yang tangguh, terutama Sasaran Kampung Jambak Lubuk Lintah ini, tentu harapan kita secara otomatis mampu menghimpun anak-anak muda untuk bergabung di sasaran ini.

" Sasaran Kampung Jambak, bisa sebagai wadah tempak anak- anak generasi muda berkreasi, berkreatif dan melakukan kegiatan yang memberikan input positif dalam hal kesehatan, seni dan budaya," pesan Zulhardi yang biasa di sapa Buya ini.

Buya Zulhardi melanjutkan, apabila sudah terhimpun dan mampu mengakomodir generasi muda kearah positif, khususnya di Sasaran Kampung Jambak ini, maka kenakalan remaja, tawuran dan pengaruh negatif lainnya akan teratasi.

Tentunya ini sebagai wahana bagi anak sasian bisa berkreasi, mengasah kemampuan minat maupun bakat, bahkan juga bisa meraih mimpinya. Semoga kedepan sasaran Kampung Jambak ini bisa terus bertahan sehingga bisa melahirkan atlet- atlet di dunia persilatan, sehingga nanti bisa mengharumkan nama Kuranji bahkan Kota Padang nantinya di kancah nasional maupun manca negara, pungkas Anggota DPRD Padang fraksi Golkar ini lagi.


Ketua IPSI ini menambahkan, saat ini di Kota Padang ada sekitar 110 sasaran dan di Kecamatan Kuranji ada sekitar 52 sasaran. Semua sasaran bangkit dan menggeliat ditambah keseriusan IPSI denga Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memberikan insentif kepada para 'tuo-tuo silek'. Nah, dengan adanya insentif tersebut para tuo silek lebih bersemangat lagi untuk menghidupkan sasaran yang ada.

" Dalam 4 tahun belakang ini sudah 100 sasaran yang diberikan insentif. InsyaAllah pada tahun 2021 ini ditambah lagi 30 sasaran, termasuk juga sasaran Kampung Jambak ini," cakap Buya Zulhardi yang juga sekretaris Golkar Padang.

Jadi, kepada sasaran silek yang sudah ada jangan jadikan sasaran sebagai kendraan politik. Sebab sekarang tahun politik, jika habis pilkada tentu akan mati pula sasaran. Maka dari itu, hendaknya sasaran ini muncul dan tumbuh memang betul- betul lahir dari semangat para tokoh ninik mamak, tuo silek dan terpenting lagi lahir dari semangat anak sasian, khususnya di Sasaran Kampung Jambak ini, Pesan Buya Zulhardi kepada tuo-tuo silek dan anak sasian.

Sementara itu, Nofrianto Pembina silek Sasaran Kampung Jambak mengucapkan terimakasih atas kehadiran, dukungan dan sumbangsih baik moril maupun materil juga bagaimana menata, mengelola sasaran ini agar tetap eksis, maju berkembang dan tidak hanya sekedar numpang nama saja.

" Meskipun sasaran Kampung Jambak ini baru seumuran jagung. Namun kami tidak ingin sekedar nama saja, sasaran ini siap memberikan dan melahirkan anak sasian yang terbaik dan bagaimana kedepan sasaran silek ini diminati masyarakat luas di Padang ini," Pungkas Nofrianto yang biasa ia disapa Noa Rang Kuranji. (hr1)

 
Top