Dekan Fakultas Teknik Masril, MT dan Wakil Dekan Hariyadi, M. Kom, saat meninjau Handsanitizer Portabel Karya Mahasiswa Teknik Elektro Ilham Syukri yang dibuat tanpa sentuhan/sensor. Sutan Malin Mudo/dok humas



Sumbar, Kupaspost.com- Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat angkatan 2020 membuat prototype Pembersih tangan hand sanitizer otomatis menggunakan sensor Infra Merah. M. Ilham Syukri termotifasi dengan kebutuhan masyarakat saat pandemi Covid 19 saat ini yang untuk menjaga kesehatan, Ungkapnya, Kamis (07/1/2021).


M. Ilham Syukri mempresentasikan hasil ciptaannya yang masih berbentuk sederhana di ruangan Wakil Dekan Fakultas Teknik UMSB kampus III Bukittinggi dihadapan Dekan Fakultas Teknik UMSB Masril, MT dan Wakil Dekan Fakultas Teknik UMSB Hariyadi, M.Kom yang juga merupakan Dosen Program Studi Teknik Elektro UMSB.


M. Ilham Syukri mengatakan bahwa pembuatan alat Hand Sanitizer otomatis tanpa sentuhan dilakukannya disela-sela kesibukan perkuliahan dan membantu orang tuanya dirumah. 


" Kendala terbesarnya sampai saat ini hanya dalam biaya pembuatan karena walaupun hanya alat sederhana tetapi sebagai mahasiswa biaya yang dipakai dari disisihkan uang belanja sehari-hari, sedangkan dalam pemograman beberapa kendala sudah dapat di atasi," terang M. Ilham.


Sementara itu, Hariyadi, M.Kom Wakil Dekan Fakultas Teknik UMSB Mengapresiasi dari terobosan yang dibuat oleh mahasiswa dan berharap nantinya alat ini dapat dikembangkan sehingga bisa dimanfaatkan untuk mencegah Penyebaran Virus Covid-19, Sejalan dengan hal tersebut juga bisa memotifasi mahasiswa lainnya untuk berkarya.


" Kedepannya Mahasiwa Fakutlas Teknik harus lebih berperan dalam masyarakat dikenal sebagai agent of change (agen perubahan) karena Mahasiswa merupakan penggerak perubahan ke arah yang lebih baik," pinta wakil Dekan ini.


Hari melanjutkan, melalui pengetahuan, ide, dan keterampilan yang dimilikinya, mahasiswa bisa menjadi lokomotif kemajuan. Hal ini yang akhir akhir ini banyak dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Teknik, imbuhnya.


Masril, MT selaku Dekan Fakultas Teknik UMSB juga megapresiasi dari Alat yang dikembangkan dari Mahasiswa tersebut dan berharap agar berkolaborasi dengan Roni Efendi yang membuat alat wasteafel Portabel beberapa waktu yang lalu. (hr1/hum)

 
Top