PayakumbuhKupaspost.com - Setiap 3 Mei diperingati sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia atau World Press Freedom Day.


Hari Kebebasan Pers Sedunia dimaksudkan guna menyuarakan kebebasan berpendapat di media dari ancaman atas pembungkaman, sensor dan penangguhan, serta untuk mengenang para jurnalis, editor, penerbit yang kehilangan nyawa dalam bertugas di seluruh dunia.


Hari Kebebasan Pers Sedunia tahun ini (2021), bertepatan dengan kunjungan kerja Anggota DPR-RI dari Fraksi Demokrat Rezka Oktoberia ke daerah pemilihannya Sumatera Barat II.


Kepada wartawan di Payakumbuh dan Limapuluh Kota, Srikandi Luak Limopuluah itu mengucapkan Selamat Hari Pers Sedunia kepada semua insan pers di seluruh dunia, Senin (3/5).


"Pers adalah pilar demokrasi keempat yang selalu tegak lurus menyuarakan kebenaran, pers harus selalu kritis, independen, dan investigatif yang selalu kita butuhkan agar roda demokrasi tetap berputar,"ujar Rezka


Rezka juga menyampaikan, pers sangat  berperan besar dalam mendorong partisipasi masyarakat dan menjaga kondisi bangsa dalam keadaan kondusif, maka dari itu, Negara sangat membutuhkan kehadiran pers dengan prespektif yang jernih dan turut berperan dalam melawan kekacauan informasi, hoax, ujaran kebencian yang mengancam kehidupan demokrasi.


Rezka berharap Pers dapat terus mengawal demokrasi berjalan dengan baik. Baginya wartawan adalah dunsanak dan sahabat, karena melalui wartawan (media) Rezka  mendapatkan informasi bagaimana perkembangan di daerah.


"Dengan kebersamaan kita menjadi keluarga besar. Rezka berharap dukungan media di Luak Limopuluah agar bisa terus berkontribusi positif kepada negeri kita tercinta," pungkasnya. (JPP)

 
Top