Ketua LKAAM Kecamatan Kuranji, Dr (Cand) H. Hendri Yazid, S. Pd. I, MM Dt. Rajo Di Gucci menghadiri acara Halal bi halal yang diadakan oleh BMPN Pauh IX Kuranji. @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Kupaspost.com- Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kecamatan Kuranji, Dr (Cand) Hendri Yazid, S. Pd. I, MM Dt. Rajo Di Gucci menghadiri acara halal bi halal yang diadakan Badan Musyawarah pembangunan nagari Pauh IX Kuranji, Jum'at (11/6/2021) malam berlokasi di Markas Padang Fisihing Club Belimbing, Kota Padang.

Acara yang mengumpulkan para tokoh-tokoh Kuranji ini mendapatkan apresiasi dan pujian dari Hendri Yazid yang juga Ketua LKAAM Kuranji ini.

Ia mengatakan, kami melihat langkah di injuritime Syawal ini, BMPN mampu merangkul, mengajak dan megumpulkan para tokoh, ninik mamak, anak kemanakan, bundo kanduang dalam tatanan kemasyarakatan yang sudah terkultuskan oleh satu dan lain hal. Maka, malam ini momen yang sangat tepat untuk saling bersatu.

" Momen halal bi halal ini jadikan momen evaluasi, instropeksi dan mari merajut kembali ukhuwah untuk mewujudkan rasa ber nagari menuju berkemajuan," ajaknya.

Mari, kita saling bermaafan dan hilangkan rasa perbedaan sehingga kita terlahir kembali ke fitrahnya. Maka, apa yang kita impikan daerah yang makmur, maju dalam segala sektor bisa terwujudkan, imbuh Hendri Yazid. 

Datuk Rajo Di Gucci melanjutkan, sekarang program kita, bekerjasama dengan KUA dalam hal melakukan sidang pra nikah bagi anak kemanakan di nagari Kuranji. Selanjutnya, nanti juga akan dibangun rumah adat (rumah gadang) tempat anak nagari melakukan kegiatan-kegiatan juga bagi warga masyarakat pendatang (rantau) yang sudah berakar rumput di nagari ini yang mengambail atau masuk ke mamak disini.

" Tabang batumpu, inggok mancakam," pungkas Datuk Rajo Di Gucci ini.

Artinya, mereka yang sudah lama tinggal di agari Kuranji ini merasa memiliki kampungnya disini, tidak ada istilah pendatang dan pribumi. Kita satu kesatuan dalam bingkaian dan salingka atap rumah gadang, ujarnya menambahkan. (Hr1)

 
Top