Petugas Kesehatan Dokkes Polri-Polda Sumbar sedang serius dan fokus melakukan proses khitanan massal dihari pertama, Selasa (29/6/2021). @rie Sutan Malin Mudo


Sumbar, Kupaspost.com- Agenda khitanan massal yang diadakan Polda Sumbar yang bekerjasama dengan Dokkes Polri dihari pertama berjalan aman dan sukses serta mematuhi aturan prokes.

Terpantau media ini di Aula Gedung Rangkayo Basa, Jalan Ir. Juanda, Selasa (29/6/2021) begitu antusiasme masyarakat membawa putranya untuk melaksanakan proses khitanan yang diadakan Polda Sumbar tersebut.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH bersama Pejabat Utama Polda Sumbar juga terlihat tiba ke gedung Rangkayo Basa untuk melihat jalannya kegiatan sunatan massal ini.

Saat tiba disana, tampak dua orang anak yang telah disunat merasa senang, karena mendapatkan bingkisan dari Kapolda Sumbar.

Sementara, Kabiddokkes Polda Sumbar Kombes Pol drg. Lisda Cancer, M.Biotech mengatakan, bakti kesehatan yang dilakukan saat ini merupakan kegiatan ketiganya dalam rangkaian peringatan HUT Bhayangkara dan juga Dokkes Polri ke 75 tahun 2021.

Ia menuturkan, pelaksaan ini selama dua dilakukan dengan jumlah peserta yang banyak, diluar dari rencana jumlah awal.

“Pesertanya itu target kita hanya 400 orang peserta, tapi ternyata peminatnya banyak. Hampir lebih dari 700 orang, dan tetap kita laksanakan dua hari ini,” katanya.

Pridona (49th) mengatakan, rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada pihak kepolisian dalam hal ini Jajaran Polda Sumbar telah mengangkat agenda sunatan (khitan) massal ini. Kami merasa sangat terbantu, selain gratis anak kami juga diberikan bingkisan, kain sarung, peci bahkan uang saku, pungkasnya penuh sumringah.

" Memang, jika hari ini anak di khitan secara mandiri dalam masa pandemi dengan harga hampir 500 ribu tentu sedikit memberatkan. Ditambah suasana mau memasuki ajaran baru, tentu biaya keluar akan bertambah. Nah, dengan adanya khitanan gratis ini kami para orang tua merasa sangat terbantu," imbuh Pridona.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol. Satake Bayu Setianto, S.IK mengatakan, kita sangat mengapresiasi kinerja panitia yang berkolaburasi dengan Dokkes Polri bisa mengangkat acara khitanan massal dengan prokes yang benar.

" Kami melihat antusiasme masyarakat cukup tinggi. Acara hari pertama berjalan aman dan lancar. Tentunya ini sangat membantu sedikit meringankan beban para orang tua," beber Satake Bayu.

Selain sunatan (khitanan) massal ini, lanjut Satake Bayu juga banyak kegiatan acara menyambut HUT Bhayangkara ini, diantaranya Vaksinasi gratis, operasi bibir sumbing dan anjangsana ke panti asuhan yang ada di Kota Padang, pungkas Satake Bayu menjelaskan di ruang kerjanya.

" Ini salah satu bentuk aksi sosial, Polri peduli dan berbagi dengan masyarakat di masa pandemi Covid-19," cakap pria yang ramah ini.

Kami menghimbau, hendaknya sampai di hari terakhir nantinya para orang tua maupun pihak keluarga yang mengantar anaknya agar selalu mematuhi dan menerapkan aturan protokol kesehatan Covid-19, jaga diri, keluarga dan para yang hadir dari bahaya virus corona, pinta Satake Bayu Setianto. (Hr1)

 
Top