PayakumbuhKupaspost.com - Sukses dalam pelaksaan ASN Berkurban tahun lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh kembali melaksanakan untuk tahun 1442 Hijrah dengan mengikut sertakan peserta selain ASN supaya lebih banyak peserta yang ikut ambil bagian.


Kabag Kesra Ulfakhri mengatakan untuk tahun sekarang jumlah peserta diharapkan lebih banyak lagi dari tahun sebelumnya, dan diimbau untuk ASN yang ingin berkurban bisa melalui program ini karena akan memberikan banyak manfaat bagi yang berhak menerimanya.


"Untuk tahun sekarang tidak tertutup kemungkinan selain ASN juga bisa ikut berkurban, mengingat hasil dari kurban ini akan diberikan untuk yang berhak menerima serta dijadikan sebagai cadangan pangan untuk bantuan bencana," kata Kabag Kesra Ulfakhri kepada media di ruang kerjanya, Jumat (02/07).


"Dan untuk peserta yang ingin mendaftar masih dibukak kesempatan sampai tanggal 05/07 mendatang dan pembayarannya bisa dilakukan sampai tanggal 15/07," tukuknya.


Melihat banyaknya manfaat yang dirasakan dari ASN berkurban tersebut, Ulfakhri mengatakan banyak pihak yang tertarik untuk ikut mensukseskan dan terlibat langsung untuk ASN berkurban ini.


"Beberapa waktu lalu Aksi Cepat Tanggap (ACT) juga menyatakan kesediaanya untuk mensukseskan ASN berkurban ini dan akan menyerahkan daging segar hasil kurban yang digalang ACT tersebut untuk di rendang. Dan hasilnya nanti akan disalurkan untuk korban bencana Alam," ucapnya.


"Selain itu Insan Cendikia Boarding School (ICBS) juga tertarik dengan program ini, dengan mengolah daging kurban menjadi rendang agar bisa dimanfaatkan untuk waktu yang lama," tambahnya.


Lebih lanjut Ulfakhri menyebut, sampai saat ini sudah ada sekitar 22 orang yang ikut berkurban, untuk satu ekor sapi beranggotakan 7 orang dengan besar iyuran 2,5 juta rupiah per orang.


"Iyuran 2,5 juta rupiah tersebut sudah termasuk biaya bumbu untuk mengolah daging kurban untuk menjadi rendang dan biaya untuk penyemblihan hewan kurban," ucapnya.


Disisi lain, dengan program ASN berkurban ini akan semakin menguatkan literasi Kota Payakumbuh sebagai City of Randang, disamping beribadah juga bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.


"Dengan rendang ini kita bisa membantu kebutuhan pangan saudara-saudara kita yang membutuhkan dan tertinpa bencana," pungkasnya. (JPP)

 
Top