Tanjung Pati, Kupaspost.com - Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh memberikan asistensi kepada Damkar Kabupaten Limapuluh Kota saat kebakaran hebat terjadi di Simpang Empat Tanjung Pati, Nagari Koto Tuo, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (2/8) malam sekitar pukul 20.40 WIB.


Sebanyak 3 armada ditugaskan meluncur ke lokasi kejadian dipimpin langsung oleh Kasi Ops Eci dan Kasi Sapras Doni Bahtiar dan danru.


Kabid Damkar Kota Payakumbuh Budi Kurniawan saat dihubungi media via whatsapp mengatakan dari data yang diperoleh dari Wifrianto selaku Kabid Pemadaman Dan Penyelamatan Damkar Kabupaten Limapuluh Kota, musibah itu menghanguskan warung santan, bengkel, kafe ngopi, warung gorengan, rumah, rumah tempat tinggal dan loundri, warung ayam geprek, toko buah-buahan, rumah hunian 3 unit, usaha jahitan, dan sarana ibadah.


"Total kerugian materil ditaksir mencapai lebih dari 2 miliar rupiah, sementara itu tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini. Pemadaman dilakukan dengan 6 unit armada dari pemadam Limapuluh Kota dan 3 unit bantuan armada Kota Payakumbuh dalam waktu kurang lebih 2 jam," kata Budi.


Budi juga menjelaskan sempat armada Damkar Kabupaten Tanah Datar juga telah berada di Kota Payakumbuh, namun karena situasi sudah hijau atau api sudah berhasil dipadamkan mereka standby di posko Damkar Kota Payakumbuh untuk sementara. Pada pukul 21.30 WIB Damkar Kota Bukittinggi juga mengonfirmasi siap memberi bantuan, tapi situasi sudah hijau saat itu.


"Saat ini sumber api dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan dan olah TKP oleh pihak berwenang, di lokasi kejadian kebakaran, material bangunan banyak terbuat dari kayu," kata Budi. 


Warga bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan jiwa, atau evakuasi hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya dengan menghubungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913. (JPP)

 
Top