Duo Hendri. Ketua LKAAM Kuranji, Dr (Cand) H. Hendri Yazid, S. Pd. I, MM Datuk Rajo Di Gucci foto bersama Walikota Padang Hendri Septa. @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Kupaspost.com- Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) H. Hendri Yazid Datuk Rajo Diguci, S.Pd.I. MM apresiasi proses pemilihan Ketua KAN Pauh IX yang di laksanakan di Kantor KAN Pauh IX Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji Kota Padang berjalan aman, lancar dan sangat demokrasi, Minggu (22/8/2021)

Hendri Yazid mengatakan, hari ini pemilihan sangat luar biasa dan demokrasi. Bagusnya, masing-masing tapian diberikan hak suaranya. Jadi, atas nama Ketua LKAAM Kuranji kami sangat mengapresiasi prosesnya, sehingga terpilih ketua KAN Pauh IX Kuranji Suardi Dt. Rajo Bujang  periode 2021-2026.

" Dengan terpilihnya Ketua KAN, harapan kita bisa terkoneksi dan berkolaburasi kerjasama yang alot antar LKAAM dengan KAN," pinta kandidat Doktor ini.

Lebih jauh dipaparkan Hendri, mungkin ini lah yang di katakan ninik mamak Kenagarian Pauh IX yang kental dengan adat istiadat dan budayanya 'Saciok bak ayam, sadanciang bak basi'. Artinya, seiya sekata dan musyawarah mufakat dalam penyelesaiyan segala sesuatunya.

Selanjutnya, bahwa kita di dalam nagari Pauh IX ini memang dipakai adat Salingka Nagari dan tentunya pemilihan hari ini, bisa kita jadikan contoh untuk pemilihan kedepannya, ungkapnya

Hendri Yazid juga menyampaikan bahwa pemilihan Ketua KAN hari ini. Kita sudah melaksanakannya dengan musyawarah dan mufakat dan ini akan kita terapkan untuk kedepannya.

Keterpilihan Suardi Datuk Rajo Bujang, merupakan pilihan dari masing-masing tapian dari Kanagarian Pauh IX.

Tentunya dengan terpilihnya Suardi Datuk Rajo Bujang, akan terjadi kerjasama yang alot antara LKAM dengan KAN, serta dengan kekompakan dan kebersamaan kita ambil hikmahnya. Artiannya, ini semua sudah mendapatkan tanda-tanda di Kanagarian Pauh IX akan jauh lebih maju.

Serta dengan kedekatan Ketua LKAAM dan KAN Kanagarian Pauh IX, ini adalah awal pertama untuk melanjutkan program-program , baik itu program Adat Salingka Nagari maupun program yang lainnya di Kanagarian Pauh IX ini, ujar Datuk Rajo Di Gucci menambahlan.

" Mudah-mudahan dengan silahturahmi kita bersama-sama di KAN ini, dalam rangka pemilihan Ketua KAN Pauh IX, kita semua dapat mengambil hikmahnya dan pembelajaran," imbuh Hendri.

Terakhir, silahturahmi kita akan menjadikan suatu proses itu akan menjadi lebih baik dan insyaallah akan menentukan kanagarian kita ini menjadi nagari yang betul-betul menjadi percontohan di Sumatera Barat bagi nagari lain dalam menentukan Ketua KAN nya, pesannya. (Hr1)


 
Top