Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji, Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM berpesan kepada Ketua KAN  terpilih agar bisa merangkul, mengayomi untuk kesatuan nagari Pauh IX. @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Kupaspost.com- Suksesi pemilihan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji untuk masa bakti 2021-2026 berjalan secara demokrasi, lancar, tertib dan menurut regulasi yang ada, Minggu (22/8/2021) di Lantai II Aula KAN Kuranji.

Saat acara pemilihan tersebut dihadiri oleh Walikota Padang Hendri Septa, Camat Kuranji Eka Putra Buhari, Kadis BKPSDM Arvian, Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM. 

Selain itu juga turut hadir Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman, Ketua LKAAM Kuranji Dr (Cand) Hendri Yazid Dt. Raji Di Gucci, Ninik mamak Panghulu 9 Tapian dan Bundo Kanduang.

Disampaikan oleh Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM, suksesi estafet kepemimpinan di KeNagari KAN Pauh IX Kuranji Kota Padang berjalan sukses dengan azas musyawarah mupakat.

Masih kata Datuk IB, walaupun sebelumnya ada dinamika, tapi ninik mamak pucuk pimpinan tertinggi di dalam masyarakat hukum adat duduk bergandengan tangan, saciok bak ayam, sadanciang bak basi, mencari sosok nan didahulukan salangkah, ditinggian sarantiang, dalam penyelesaian masaalah untuk kemaslahatan anak kamanakan, ujarnya.

" Proses ini menyatukan pendapat yang berbeda dalam menjalankan roda kepemimpinan 'raso dibao naiak, raso dibao turun' untuk merajut kembali rasa kebersamaan," pungkas tokoh kharismatik pun mengayomi ini sembari di kasih applaus yang hadir.

Irwan Basir beramanat, kedepan lambaga KAN Pauh IX Kuranji dapat membina silaturahmi, ukhwah islamiah dan hubungan habluminannas sesama masyarakat hukum adat. 

Pandeka Anizar Rajo Intan salam komando dengan Wako Padang Hendri Septa, didanpingi Dedi Azhari Malin Sampono disela-sela acara pemilihan Ketua KAN.

" Mari bersatu membangun Negri ini, tidak ada lagi perselisihan kita rangkum pendapat yang berbeda dalam bentuk satu kesatuan, kalau ini sudah terpatri, kita akan buat regulasi adat nagari Pauh IX ini, mau tidak mau, suka ataupun tidak suka. Sehingga fungsi dan peran KAN semakin baik di tengah masyarakat," pungkas Datuk Irwan Basir.

Ketua MPA KAN Pauh IX, Kuranji, Irwan Basir dalam sambutannya menitipkan pesan, sebagai yang didulukan selangkah, ditinggikan seranting, ketua KAN harus bisa mengayomi seluruh tapian yang ada dikanagarian Pauh IX Kuranji.

"Artinya, apa yang sudah kita berikan, sebelum kita menuntut apa yang diberikan, maka berikan lah yang terbaik untuk nagari ini, karena apa? Kuranji ini memang menjadi baro meternya bagi kota padang," ucapnya.

Dikatakan Irwan Basir, dalam menjalankan fungsi KAN dikanagarian Pauh IX Kuranji, harus ada raso dibaok naiak, pareso dibaok turun. Kita harus tahu kiasan bahasa mandaki, malereang, mandata dan manurun. Dan ini tidak hanya sekedar bicara di sesembah saja.

"Akan tetapi dapat dipermentasikan atau dieksekusi dan ini dapat jadikan suatu rumusan dalam kehidupan beradat kita. Sehingga dalam menyelesaikan masalah, tiba diperut tidak dikempiskan, tiba dimata tidak dipicingkan," ungkapnya.

Irwan Basir mengharapkan, lambaga KAN Pauh IX Kuranji dapat membina silaturahmi, ukhwah islamiah dan hubungan habluminannas sesama masyarakat hukum adat. Dan ini yang kita jadikan momentum, maka bangkitkanlah raso jo paraso di nagari kita ini.

"kalau ini sudah terpatri, kita buat regulasi adat nagari Pauh IX ini, mau tidak mau, suka ataupun tidak suka. Sehingga fungsi dan peran KAN semakin baik di tengah masyarakat," pungkas Datuk Irwan Basir.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Padang Hendri Septa menambahkan, Alhamdulillah, kita sangat mendukung proses pemilihan Ketua KAN Pauh IX ini, mudahan terpilih Ketua yang amanah. Apalagi di Kuranji ini memiliki dan melahirkan pemimpin hebat dan tokoh yang fenomenal juga kharismatik seperti  Ketua MPA mak Datuk Irwan Basir Dt. Rajo Alam, sebut Walikota Milenial ini.

Diakhir acara, setelah sambutan Ketua KAN terpilih Suardi Dt. Rajo Bujang langsung di kukuhkan oleh Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM. (Hr1)

 
Top