Erianto salah seorang panitia dan personil BPBD Sumbar, sedang memantau pelaksanaan tes swab kepada salah seorang peserta Bimtek Jitu Pasna, @rie Sutan Malin Mudo


Sumbar, Kupaspost.com- Demi mencegah sekaligus antisipasi penularan Covid-19 dan menerapkan program pemerintah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Propinsi Sumatera Barat (BPBD Sumbar) memberlakukan tes swab antigen bagi seluruh peserta Bimtek Jitu Pasna.

Saat diwawancara media, Rabu (29/9/2021) di Kryad Bumiminang, Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman yang didampingi Kabid Rehab Rekon Suryadi E mengatakan, test swab antigen ini diwajibkan bagi seluruh peserta bimtek. Selain pencegahan penularan Covid-19, tes swab ini juga ibaratnya sebagai golden ticket untuk bisa mengikuti Bimtek ini, pungkas Erman Rahman.

Dikatakannya, setiap peserta satu persatu memasuki ruangan kusus dan steril untuk dilakukan tes swab. Setelah di nyatakan negatif oleh pihak tenaga kesehatan, maka para peserta diperbolehkan melakukan registrasi pada panitia. Namun, jika ada hasilnya positif maka secara langsung dinyatakan gugur atau batal, imbuh Erman lagi.

" Alhamdulillah, setelah pemeriksaan dan dilakukan tes swab kepada 115 orang peserta. Semuanya dinyatakan negatif," pungkasnya.

Erman Rahman melanjutkan, kepesertaan Bimtek Jitu Pasna diikuti oleh relawan bencana dari nagari, kelurahan, aktifis sosial juga dari jusrnalis peduli bencana. Kesemuanya ini saling berkolersi dalam hal tanggap dan kesiapsiagaan bencana.

Peserta melakukan registrasi setelah dinyatakan negatif hasil swab oleh petugas.

Terpisah, salah seorang peserta Bimtek dari unsur wartawan' Rifnaldi dari media www.goparlement.com berasal dari Kota Padang Panjang mengatakan, Ini adalah suatu penghargaan buat kita selaku jurnalistik/wartawan yang telah diikut sertakan oleh BPBD propinsi Sumatera Barat untuk mengikuti Bimtek Jitu Pasna ini.

Ia melanjutkan, tes swab yang diadakan oleh BPBD Sumbar ini sebagai langkah preventiv pencegahan penularan Covid-19. Sebab, peserta begitu banyak dan datang dari berbagai daerah tentu ada keraguan satu sama lain perihal Covid ini. Namun, setelah swab dilakukan dan hasilnya negatif kami para peserta menjadi nyaman dalam mengikuti Bimtek, pungkas Ce begitu ia akrab disapa.

" Semoga apa yang kita pelajari dalam bintek ini nantinya barmamfaat untuk masyarakat khususnya Sumatra Barat," harap ce lagi.(Hr1).

 
Top