Anggota DPRD Sumbar, Khairuddin Simanjuntak dapil Pasaman-Pasaman Barat fraksi Gerindra membuka Sosialisasi kepada calon penerima bantuan Ayam dan sejenisnya Kelompok wanita tani melalui dana pokirnya. @rie Sutan Malin Mudo


Sumbar, Kupaspost.com- Anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat Khairuddin Simanjuntak Dapil Pasaman-Pasaman Barat dari Fraksi Gerindra menghadiri sosialisasi teehadap 50 kelompk, Sosialisasi Kelompok Wanita Tani  (KWT) Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari  (P- KRPL) se Sumatera Barat, Senin (18/10/2021) di Pangeran Beach Hotel Padang.

Dalam sambutannya, Khairuddin Simanjuntak mengatakan program ini salah satu pemberdayaan lahan pekarangan untuk dijadikan penghasilan tambahan melalui dana pokok-pokok pikiran yang disounding dengan dinas Pangan Propinsi Sumbar.

Intinya, kita mengajari calon penerima bantuan yang akan disalurkan agar bisa memeahami teknis dasar pemeliharaan hewan ternak ayam yang akan diberikan, pungkas Politisi Gerindra ini.

Lanjutnya, secara teknis kelompok wanita tani ini bisa memahami secara rinci dan jelas dalam pengolahan ternak ayam yang akan kita berikan. Sehingga nantinya ternak ayam tersebut bisa menghasilkan secara paripurna.

Kan lumayan juga, setiap kelompok wanita tani mendapatkan 400 ekor ternak ayam. Jika dibagikan, maka masing-masing mendapatkan 20 ekor ayam, imbuh Simanjuntak.

" Mungkin selama ini banyak lahan kosong dipekarangan rumah dibiarkan begitu saja. Nah, dengan adanya bantuan stimulan melalui dana pokir ini, baik itu ayam, itik, bawang, cabe ataupun sejenisnya. Ibu-ibu bisa menghasilkan atau setidaknya kebutuhan dapur bisa tercukupi," ujar Simanjuntak.

Simanjuntak melanjutkan, sebelum penyerahan ternak dan sejenisnya kepada para kelompok wanita tani, diberikan pemahaman dan teknis tata cara perawatan agar nantinya hewan ternak yang diberikan bisa berkembang biak, sehingga dapat menambah penghasilan terutama dimasa pandemi ini.

" Mari kita manfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan keluarga dan sumber tambahan pendapatan  keluarga," ajak Simanjuntak.

Harapannya, kedepan para kelompok wanita tani bisa makmur, mampu berdiri sendiri dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang ada," pinta Simanjuntak lagi.

Sementara itu, Ramba salah seorang peserta dari Kelompok KWT Suka Damai Pasaman Timur mengucapkan terimakasih kepada Bapak Khairuddin Simanjuntak atas perhatiannya yang telah memberikan bantuan dan pelatihan kepada kami. Maju dan sukses terus pak Simanjuntak, ujarnya.

Acara sosialisasi Kelompok wanita tani P-KPRL dihadiri oleh Khairuddin Simanjuntak dan Syafaruddin Dt. Sanggono anggota DPRD Sumbar Fraksi Gerindra dan juga dihadiri langsung oleh Kadis Pangan Sumbar Efendi. (Hr1)

 
Top