Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra, MA memberikan amanat kepada mahasiswa baru saat Masta tahun 2021. Dok. Istimewa


Sumbar, Kupaspost.com- Secara Virtulal Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumbar) untuk TA 2021 mengadakan Masa Ta'aruf (Masta)  atau pengenalan kampus bagi mahasiswa baru ditabuh dan dibuka oleh Mendikbudristek Nadiem Makareem, Selasa (5/9/2021), di Hall Convention Kampus Utama Jalan, 

Dalam sambutannya, Nadiem Makareem mengatakan, Perguruan Tinggi diminta memberikan kebebasan pada mahasiswanya dalam mendapatkan ilmu. Tak hanya di lingkungan kampus, tapi bisa di mana saja. Ini merupakan salah satu konsep merdeka belajar, kampus merdeka.

Nadiem Anwar Makarim menambahkan, kita terus mendorong perguruan tinggi melakukan peningatan mutu, terobosan terbaru dan peningkatan kualitas pendidikan.

Katanya, beri ruang pada mahasiswa untuk menggali ilmu melalui berbagai sarana. Tak hanya di kampus, di luar kampus pun bisa didapatkan.

Dia menyebutkan, konsep merdeka belajar, kamus merdeka mesti dipahami oleh semua kalangan. Konsep ini diyakini bisa melahirkan generasi muda yang memiliki karakter dan berpendidikan.

Sementara itu, Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra, MA menyampaikan banyaknya mahasiswa baru ini tidak lepas dari kepercayaan masyarakat terhadap UM Sumbar. 

Oleh karena itu, lanjut Rektor Muda ini, atas nama sivitas akademika mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa baru yang telah menjatuhkan pilihan untuk bergabung menimba ilmunya dengan UM Sumatera Barat. Karena mahasiswa baru adalah orang pilihan dan sudah memilih kampus yang tepat, imbuh Riki.

Dia menyebutkan, tidak boleh takut dengan pandemi Covid-19 dengan terus meningkatkan inovatif dan kreativitas. ”Kata Plato Anda apa yang anda pikirkan, maka berfikirlah untuk menjadi orang besar, Aristoteles juga katakan anda adalah apa yang kerjakan disiplin membuat tekad dan target hidup,” ucapnya.

Riki Saputra mengajak para mahasiswa baru UM Sumatera Barat untuk mengasah kemampuan akademik yang nantinya diharapkan mampu menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ia juga mengingatkan, agar mahasiswa-mahasiwi baru UM Sumbar agar terus mengasah kompetensi dan skill akademik.

Wakil Ketua PWM Sumbar, Solsafad mengatakan Muhammadiyah sudah lama bergerak di semua bidang khususnya di bidang pendidikan.

Dia menyampaikan mahasiswa baru berada di tempat yang cocok dengan waktu yang tepat. Dia berpesan pentingnya mahasiswa berakhlaq mulia dan bertaqwa untuk meraih kesuksesan.

Wakil Gubernur Audy Joinaldy yang hadir secara virtual menyampaikan apresiasi pada UM Sumbar. Dia berharap pendidikan yang digelar di UM Sumbar dapat meningkatna SDM Sumbar. Pemprov Sumbar meminta agar UM Sumbar terus melakukan inovasi dalam bidang pendidikan.

Ketua panitia Masta UM Sumbar Thaheransyah mengatakan, Masta tahun ini dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). MASTA UM Sumbar diikuti mahasiswa dengan jumlah 1.079 orang yang berasal dari 11 provinsi. (**)

 
Top