Relawan dan peserta bimtek jitu pasna BPBD Sumbar berharap ada tindak lanjut pasca bimtek. @rie Sutan Malin Mudo


Sumbar, Kupaspost.com- Acara Bimbingan teknis penghitungan dan kajian cepat (Bimtek Jitu Pasna) yang diadakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, di Kyriad Bumiminang Hotel dengan milibatkan relawan nagari, daerah termasuk para nurnalis peduli se Sumbar.

Hal itu diutarakan oleh salah seorang peserta Bimtek, Jum'at (1/10/2021) malam,  M. Zukra dari Kelurahan Pagambiran-Ampalu mengatakan, Bimtek Jitu Pasna yang diadakan oleh BPBD Sumbar ini sangat bagus. Karena melibatkan para relawan se Sumbar, tentunya ini bisa sebagai jembatan komunikasi  dan silaturahmi diantara relawan.

" Bimtek ini juga sebagai menambah wawasan para relawan dalam hal kesiap siagaan bencana. Baik pra maupun pasca, khususnya dalam penghitungan cepar," Pungkas Zukra yang juga Kelompok Peduli Sungai Kota Padang ini.

Selain itu, masih kata M.Zukra, dengan adanya Bimtek ini, kita para relawan dapat mengetahui bagaimana tata cara penghitungan dan kajian cepat dibidang bencana. Lanjutnya, apa-apa yang kita hitung, cara pengelompokannya, mana hang kerugian dan kerusakan.

Peserta bimtek dari kalangan juranlis peduli, baik dari media cetak, online dan elektronik.

" Relawan juga dapat mengklasifikasikan setiap item persoalan pasca bencana," imbuh M. Zukra lagi.

M. Zukra melanjutkan, relawan juga bisa mengurangi dan memperkecil resiko bencana, dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat tempat domisili dan terkhusus daerah-daerah yang paling rawan bencana.

Terakhir, kita berharap ini terus diadakan dan ada follow up pasca bimtek ini, agar ilmu yang telah dituangkan oleh nara sumber ke kami bisa diaplikasikan ditengah-tengah jika ada bencana. (Hr1)

 
Top