Payakumbuh, Kupaspost.com - Perkembangan kasus aktif Covid-19 di Payakumbuh terus membaik. Sampai saat ini sudah tiga kecamatan berada dizona hijau. Serta tidak ada lagi masyarakat terkonfirmasi positif yang mendapat perawatan di Rumah Sakit.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh Bakhrizal mengatakan melihat perkembangan kasus yang terus melandai, saat ini hanya tiga kelurahan lagi yang masih berstatus zona kuning.


Dua kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Barat yaitu Kelurahan Ibuh dan Kelurahan Talang, serta satu kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Utara yaitu Kelurahan Napar.


Sedangkan Kecamatan Payakumbuh Timur, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori dan Kecamatan Payakumbuh Selatan sudah berstatus zona hijau.


"Alhamdulillah, melihat perkembangan status kita, kemungkinan minggu depan kita bisa kembali ke zona hijau," kata Kadinkes Bakrizal kepada media, Jumat (01/10).


"Serta untuk kembali ke zona hijau, kuncinya itu ya peran aktif semua masyarakat itu sendiri untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan ikuti vaksinasi," tambahnya.


Walaupun demikian, dr. Bek terus berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada jangan sampai lengah apalagi sampai menyepelekan penerapan protokol kesehatan tersebut. Karena apabila itu terjadi alamat kasus positif akan kembali melejit.


"Maka tetap terapkan 6M dalam kehidupan sehari-hari, konsumsi makanan sehat dan buah buahan," tambahnya.


Sementara itu, dari tracing yang terus dilakukan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif, tidak ada ditemukan penambahan kasus dan empat orang bebas isolasi


Adapun untuk daftar dari empat orang yang dinyatakan bebas isolasi hari ini adalah :


1. NIKMATUL HASNAH, perempuan (57), Parit Rantang, IRT


2. JUMAIDIR, laki-laki (66), Parambahan, Sopir


3 ROSTINA, perempuan (79), Subarang Batuang, IRT


4. MISNAR, perempuan (65), Tigo Koto Diate, IRT


Sehingga sampai hari ini data untuk kota Payakumbuh didapati hanya lima orang yang menjalani isolasi mandiri dirumah dan tidak ada lagi yang dirawat.


Kadinkes juga mengimbau kepada masyarakat Payakumbuh agar secepatnya melakukan vaksinansi, karena saat ini lagi digiatkan gebyar vaksin sapu jagat di seluruh kelurahan.


"Kita laksanakan di dua kelurahan disetiap kecamatan setiap harinya, kalau tidak sempat hadir bisa datang ke kelurahan tetangganya. Untuk jadwalnya bisa dilihat di kantor kelurahan," ucapnya.


"Sementara untuk remaja berusia 12-17 tahun bisa vaksin di sekolah masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan syarat ada izin dari orang tuanya," pungkasnya.


Serta untuk laporan data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah:


Suspek : 0

Kasus Baru : 0

Total Kasus konfirmasi : 2694

Sembuh : 2631

Isolasi : 5

Rawat : 0

Meninggal : 53

Kontak Erat : 0


(Rel/JPP)

 
Top