Kasat Reskrim Polres Pessel, AKP Hendra Yose, SH, MH menjelaskan identitas terduga pelaku pembunuhan terhadap driver Ojol Maxim beberapa waktu lalu di Api-api Bayang (Pessel). Terduga pembunuhan dua orang remaja asal Padang. Ist/@rie Sutan Malin Mudo


Painan, Kupaspost.com- Tim gabungan Satreskrim Polres Solok Selatan dan jajaran Polres  Pesisir Selatan berhasil menangkap pelaku dan menungkap dua reamaja terduga pelaku pembunuhan driver taksi online Maxim. 

Teka-teki pelaku pembunuhan seorang driver tranportasi online Maxim asal Padang yang jasadnya ditemuka di dekat Jembatan Api-Api, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Kamis (4/11/2021) sekitar pukul 02.00 WIB, terjawab sudah.

" Pelakunya ternyata 2 orang remaja warga Padang masing-masing berinisial H (18) dan A (19). Kedua pelaku telah ditangkap oleh pihak kepolisian," ujarnya.

Kasatreskrim Polres Pesisir Selatan, AKP Hendra Yose mengatakan, pelaku H diamankan di Pekanbaru, Riau dan A di Solok Selatan.

"Jadi kasus ini murni perampokan atau pencurian dengan kekerasan," kata Hendra Yose, Kamis (18/11/2021)

Ia mengungkapkan, pelaku H diamankan pada Senin (15/11/2021) sekitar 18.15 WIB di Pekanbaru, Propinsi Riau. Sementara A diamankan pada Rabu (17/11/2021) di Solok Selatan, Lubug Gadang, Kecamatan Sangir.

Hendra Yose menjelaskan terungkapnya pembunuhan keji itu berawal dari pelacakan pemesanan di aplikasi milik  korban.

“Kita mendapati pemesanan terakhir dari pusat Kota Padang menuju arah Pesisir Selatan,” terangnya.

Ia melanjutkan, kedua pelaku berniat merampas barang-barang milik korban dengan melumpuhkan korban menggunakan senjata tajam,” lanjutnya.

Usai melancarkan aksinya kedua pelaku kemudian kabur dan meninggalkan mobil korban di daerah Sungai Penuh untuk menghilangkan jejak.

Diketahui, korban bernama Agung Kurniawan (46) warga jalan Proklamasi Terandam Padang.

Setelah kerja maksimal yang dilakukan pihak Polres Pessel, pelakunya ternyata 2 orang remaja warga Padang masing-masing berinisial H (18) dan A (19). Kedua pelaku telah ditangkap dan diamankan oleh pihak kepolisian guna proses hukum lebih lanjut.

Kasatreskrim Polres Pesisir Selatan, AKP Hendra Yose, SH, MH meneruskan, pelaku H diamankan di Pekanbaru Propinsi Riau, Senin (15/11/2021), Sedangkan A ditangkap di Solok Selatan, Rabu (17/11/2021).

“Iya, satu orang tersangka sudah ditangkap Selasa (16/11) malam dan langsung dibawa oleh anggota Polres Pesisir Selatan pada Rabu pagi,” imbuhnya lagi.

SeKasat Reskrim Polres Pesisir Selatan AKP Hendra Yose, SH, MH melanjutkan, Suzuki Karimun silver BA 1698 BX yang ditemukan di Desa Talang Lindung, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh, Jambi milik dari sopir Maxim yang tewas di Batang Bayang pada Kamis (4/11) kemaren.

“Benar, mobil itu merupakan barang bukti milik dari sopir yang ditemukan meninggal di Batang Bayang Pesisir Selatan. Hal ini setelah dipastikan oleh jajaran ketika sampai di Mapolsek Sungai Penuh,” kata AKP Hendra Yose, Sabtu (6/11).

Lebih jauh dipaparkan AKP Hendra Yose, SH, MH, penemuan mayat di Batang Bayang berawal ketika itu warga menjala ikan di sungai jadi tersangkut jaring dan karena malam tidak kelihatan dan dibawa ke pinggir sungai. Rupanya, mayat dan dilaporkan ke Polsek Bayang dan selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit M. Zein di Painan untuk dilakukan pemeriksaan luar pada korban.

Kapolsek Bayang AKP M Thamrin mengatakan korban diketahui bernama Untung Kurniawan (46) warga Kota Padang yang berprofesi sebagai sopir. Berdasarkan keterangan istri korban, kata, M.Thamrin bahwa korban terakhir kontak dengan istri pada Selasa (2/11) sedang mengantarkan penumpang travel ke Painan, Pesisir Selatan dari Kota Padang.

Kemudian, pada Jumat (5/11/2021) satu mobil Suzuki Karimun warna silver nomor polisi BA 1698 BX tanpa pengemudi ditemukan warga di tepi jalan masuk semak-semak di Desa Talang Lindung, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh, Jambi dalam keadaan mesin hidup.

Kapolsek Sungai Penuh, AKP Ragil Titisari, sekitar pukul 18.00 WIB pihaknya bersama pemerintah desa mengecek ke TKP dan mengamankan mobil tanpa pengendara itu ke Mapolsek Kota Sungai Penuh.

“Mobilnya asal Sumbar. Sekarang sudah dalam Lidik Polres Pesisir Selatan," paparnya. (**)

 
Top