H. Maigus Nasir, S. Pd Anggota DPRD Sumbar mengharapkan warisan budaya kepada generasi muda salah satu langkah positif menjaga mereka dari penyakit masyarakat. @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Kupaspost.com- Anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat H. Maigus Nasir, S. Pd dari Fraksi Partai Amanat Nasional,  menghadiri acara peresmian group Randai Alang Babega TUI Kelurahan Kuranji, sekaligus pelantikan Ketua RW 03, Kamis (9/12/2021) malam.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan rasa haru dan bahagia melihat geliat 'Saciok bak ayam, sadanciang bak basi' yang dibangun oleh tuo-tuo adat, ninik mamak dan seluruh eleman masyarakat di Kuranji dalam menanamkan serta mewarisi nilai-nilai adat istiadat kepada generasi penerus.

" Saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh Tokoh kharismatik, sang inspirasi pak Datuk Irwan Basit Rajo Alam. Kepedulian beliau untuk mewarisi adat dan budaya pada generasi muda di Kuranji ini," pungkas Buya Maigus begitu akrab ia disapa.

Buya Maigus meneruskan, sejauh ini kita sangat mencemaskan dan merasa risau atas fenomena yang viral terjadi di Ranah Minang ini, terutama di Kota Padang atas kasus pencabulan ayah terhadap anak, kakek terhadap cucu bahkan kakak terhadap adiknya sendiri.

Semoga dengan adanya kegiatan positif ini dan dibangun dengan rasa kebersamaan melibatkan para ninik mamak, tuo adat bisa menangkal segala kerisauan dan mengembalikan tatanan norma adat maupun agama di sanubari masing-masing, ujar Buya Maigus penuh berharap.

Nah, dengan adanya group randai ini bisa membangkitkan kembali rasa berbudaya, rasa kegotong royongan dan rasa kebersamaan, terutama dalam mewarisi nilai adat maupun budaya kepada generasi muda di Ranah Minang ini, imbuhnya.

" Diyakini, budaya bisa menjauhkan generasi muda dari penyakit masyarakat seperti, narkoba, tawuran dan pergaulan bebas. Jadi, kalau ingin generasi muda selamat jagalah budaya". pintanya. 

Terakhir, semoga kedepan kegiatan positif ini menjadi role of mode, bisa exist dan dicotoh oleh nagari yang ada di Sumbar. 

Untuk itu, mara sama-sama kita dukung dan sokong program ini, agar menjadi kebaikan kita semua dan semoga terwujud, harap Buya Maigus. (Hr1)

 
Top