Wakil Gubernur Sumbar, Dr. Audy Joinaldy jemput bola dan audiensi ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Hilmar Farid di kantor Dirjen Kemendibud Riset dan Teknologi RI, di Jakarta, Selasa (25/1/2022). Rombongan Wagub disambut Hilmar Farid. Dok.ist


Jakarta, Kupaspost.com- Wakil Gubernur Sumatera Barat, Dr Audy Joinaldy bersama Bupati 50 Kota dan rombongan (Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata serta Kesbangpol Provinsi Sumbar) melakukan audiensi bersama Dirjen Kebudayaan - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Hilmar Farid di kantor Dirjen Kemendibud Riset dan Teknologi RI, di Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Pertemuan ini merupakan  tindak lanjut dari pertemuan Gubernur Sumatara Barat dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI pada bulan Desember tahun 2021 yang lalu.

Dalam pertemuan kali ini, Wagub menyampaikan beberapa topik bahasan, diantaranya; pertama, Tindak lanjut rehabilitasi Makam Tuanku Imam Bonjol di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Kemudian, tindak lanjut pembentukan Badan Pengelolaan Warisan Dunia OCMH/WTBOs, selanjutnya tindak lanjut program prioritas Dirjen Kebudayaan tahun 2022 untuk Sumbar, serta dan terakhir, Tindak lanjut pengelolaan dan sarana pendukung Museum PDRI di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat.

Hilmar Farid menegaskan, untuk rehabiltasi Makam Tuanku Imam Bonjol di Sulawesi Utara dapat diadakan pertemuan awal via zoom meting antara kedua belah pihak dengan fasilitasi dari Ditjen Kebudayaan. Sehingga, didapat kesepatan dengan keterlibatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Gorontalo.

" Mengenai Pembentukan Badan Pengelola WTBOS, segera ditindaklanjuti dengan zoom meting melibatkan Kepala Daerah 7 Kab/Kota yang difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan Prov. Sumbar," pungkas Hilmar Farid.

Mengenai program kegiatan, Ditjen Kebudayaan memang sudah berkomitmen untuk mengalokasikan kegiatan yang memadai untuk Sumbar. Untuk Program PDRI, sampai saat ini Dirjen Kebudayaan sudah menganggarakan lebih kurang Rp. 90 Milyar, tegas Hilmar.

Akhir dari pertemuan tersebut, Wagub Audy menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang telah memperhatikan juga merespon Sumbar.

" Kita berharap segera menindaklanjuti hasil pertemuan audiensi ini dengan pertemuan via zoom meeting bersama berbagai stakeholders terkait," ujar Wagub Audy.(rel)

 
Top