Yandri, S. Pd, M. Pd, Anggota DPRD Padang fraksi PAN menampung aspirasi masyarakat dalam masa reses I di Kelurahan Gunung Sarik Balai Baru, Padang. @rie Sutan Malin Mudo


Padang, Kupaspost.com- Memasuki masa reses I masa sidang I tahun 2022, Anggota DPRD Kota Padang, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri, S. Pd, M. Pd serap aspirasi masyarakat didaerah pemilihannya Kuranji-Pauh, Sabtu (15/1/2022) Kelurahan Gunung Sarik, Masjid Raya Balai Baru, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Reses dilaksanakan ba'da salat Isya dan dihadiri oleh ratusan jamaah Masjid Raya Balai Baru, Lurah, RT/RW, tokoh masyarakat, bundo kanduang juga dihadiri oleh tuo-tuo silek dari sasian Pauh dan Lubuk Lintah.

"Reses atau Masa Reses adalah masa di mana DPRD melakukan kegiatan di luar masa sidang, terutama di luar gedung DPRD. Misalnya untuk melakukan kunjungan kerja," ungkap Yandri saat dialog bersama warga.

Dikatakan Yandri, reses bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat yang nantinya akan diperjuangkan untuk dianggarkan di DPRD Kota Padang, untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

"Nanti, kami sebagai anggota dewan difasilitasi dengan dana pokok-pokok pikiran (Pokir). Dana pokir itu nanti yang kita salurkan ke masyarakat," kata anggota dewan dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Menurut wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Kuranji-Pauh ini, dana pokir tersebut merupakan hasil serapan aspirasi dari warga saat reses anggota dewan tahun 2020 kemaren dan direalisasikan tahun 2021.

Kita sadari, lanjut Yandri, sepanjang tahun 2020 dan 2021 memang sedikit terkendala akibat pandemi Covid-19 dengan dialihkannya (recofusing) anggaran untuk penanganannya. InsyaAllah ditahun 2022 ini akan di maksimalkan.

Masih kata Politisi senior PAN ini, kami fokus untuk berupaya merecovery ekonomi masyarakat melalui dana bantuan. Tentunya melalui kolaburasi yang apik antara pemko dan dewan agar bisa mengakomodir serta merespon usulan agar bisa direalisaikan dan dibagikan ke masyarakat, pungkas Yandri.

" Alhamdulillah, pada tahun 2022 ini melalui bantuan modal usaha untuk warga kurang mampu maupun terdampak Covid-19, sudah kita antisipasi dan sudah direalisasikan. Kita menunggu pencairannya saja lagi," imbuh Yandri sembari diamini konstitunnya.

Disamping bantuan sosial dan modal usaha, kami juga telah sukses membangun Gedung serba guna di Gunung Sarik, serba guna di Kalumbuk dan di Anduring. Selain itu, juga membangun gedung dakwah Muhammadiyah di Kuranji, beber Yandri.

Dan terakhir, juga telah merealisasikan bantuan sebesar 10 juta untuk pusat eksistensi seni anak nagari (PESAN). Maka, gunakanlah anggaran ini sesuai peruntukannya dan sesuai dengan RAB yang diusulkan, agar benar-benar memberikan peningkatan aktifitas bagi masyarakat banyak, tutup Yandri.

Dikatakan Yandri, dirinya akan berusaha mencari celah bantuan dari Pemko Padang agar aspirasi yang diusulkan bisa terwujud.

"Tentu persyaratannya harus dipenuhi, sehingga bantuan itu kita dapatkan. Misalnya akta notaris atau syarat lainnya," kata Yandri. 

Pada kesempatan tersebut, juga hadir beberapa tokoh silek se Kecamatan Kuranji-Pauh Kota Padang, Camat Kuranji yang diwakili Lurah Gunung Sarik.

"Alhamdulillah, saat ini juga hadir tokoh silek. Harapan kita tertopang kepada tokoh silek, kita harus melestarikan tradisi kita di Kuranji-Pauh ini. Kami sebagai anggota dewan siap untuk mensuportnya," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Lurah Gunung Sarik Mizwar mengucapkan terikasih kepada Bapak Yandri, yang telah memilih daerahnya untuk reses dan telah banyak berbuat, membangun baik fisik, non fisik maupun peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.

"Dengan adanya reses bapak Yandri, bisa menampung segala aspirasi warga kami dan juga bisa mengakomodir usulan dari masyarakat untuk dapat diserap juga direalisasikan," pungkas Lurah Mizwar. (Hr1)


 
Top