PayakumbuhKupaspost.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi tim penilai Penyelenggara Administrasi Kependudukan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat.


Penilaian tersebut merupakan penilaian tahap II, dimana Disdukcapil Kota Payakumbuh lolos dari penilaian tahap I yang dilakukan beberapa waktu yang lalu oleh Disdukcapil Provinsi Sumatera Barat.


Wali Kota Payakumbuh melalui Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda menyampaikan kepada tim penilai, bahwa Dukcapil Kota Payakumbuh telah mendapatkan nilai tertinggi Ombudsman RI dan Payakumbuh merupakan satu-satunya yang berada di Zona Hijau dalam transparansi pelayanan publik. 


"Dukcapil kita juga meraih nilai A- dalam penilaian Kemenpan RB serta dinas yang paling inovatif juga, dengan 27 inovasi pelayanan publik," kata Sekda Rida Ananda kepada tim penilai di Ruang Randang Balai Kota Payakumbuh, Selasa (12/07). 


Rida juga menyebut, sebagai bentuk dukungan dalam penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (adminduk), Pemko Payakumbuh menghadirkannya di Mal Pelayanan Publik Lt. I Balai Kota Payakumbuh.


"Harapan kita tentu semua kebutuhan masyarakat akan dokumen kependudukan dapat dipenuhi dengan mudah dan cepat," ucapnya.


"Serta dengan revolusi industri 4.0, kita harus bisa menghadirkan pelayanan yang up to date. Terutama terhadap perkembangan teknologi Informasi, sehingga memudahkan pelayanan kita terhadap masyarakat," tukuknya. 


Oleh karena itu, dijelaskan Sekda, Pemko Payakumbuh terus berkomitmen atas terselenggaranya pelayanan publik yang sebaik-baiknya. Demi terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih.


"Dengan komitmen dan tekat kuat kita bersama tentu harapannya Disdukcapil Kota Payakumbuh menjadi yang terbaik di Sumbar hendaknya," harapnya.


Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Kota Payakumbuh Wal Asri mengatakan, selain beragam inovasi, Disdukcapil Payakumbuh juga mendukung program strategis pemerintah dan bekerja sama dengan lintas sektor untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.


"Dengan berbagai inovasi tersebut kita optimis bisa menjadi yang terbaik," ujarnya.


Dari sisi tim penilai, Besri Rahmad mengatakan, saat ini Kota Payakumbuh sudah masuk 10 besar Kabupaten/Kota terbaik di Sumbar. Tinggal bagaimana Dukcapil Payakumbuh bisa melengkapi dan menyesuaikannya dengan indikator-indikator penilaian yang telah ditentukan.


"Ya kalau semuanya terpenuhi tentu akan menjadi yang terbaik di Sumbar," pungkasnya. (JPP)

 
Top